Iklan Layanan Masyarakat

Olahraga Pound Fit Mulai Digandrungi Perempuan Muda di Temanggung

Senin, 28 Okt 2023 08:01:29 449

Keterangan Gambar : Olahraga Pound Fit Mulai Digandrungi Perempuan Muda di Temanggung


Temanggung, Media Center - Pound fit menjadi olahraga yang kini digandrungi oleh kaum hawa, khususnya perempuan muda di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. 

Pound fit adalah olahraga kardio yang mencampurkan unsur gerak pilates, yoga, zumba, dance, dan musik. Perpaduan ini memberikan sensasi yang menyenangkan bagi yang melakukannya.

Intruktur olahraga pound fit dari Pound Pro Parakan, Septiana Eka Wati mengatakan, ada empat gerakan dalam pound fit, yakni set, lunges, kit dan thigh and asset. Dari empat dasar tersebut, olahraga ini memiliki ritme gerakan yang cepat dan membutuhkan koordinasi antara tubuh dan gerakan menabuh.

"Gerakan set adalah gerakan yang seperti deep squat, punggung tegak dengan agak condong ke depan. Gerakan lunges, kaki kiri ke depan dengan posisi ditekuk, sementara kaki kanan ditekuk ke belakang. Lakukan gerakan ini bergantian, jaga punggung tetap tegak saat gerakan memukul lantai. Gerakan kit, posisi duduk dengan punggung tegak, sementara kaki diangkat agar lebih menekan otot perut. Dan thigh and asset gerakan posisi tidur dengan kaki ditekuk, serta punggung bawah diangkat," jelasnya, saat ditemui di sela-sela menjadi instruktur olahraga pound fit, Sabtu (28/10/2023) di Temanggung. 

Pada olahraga ini, irama musik nge-beat dan rock mengiringi setiap gerakan. Tubuh para peserta bergerak aktif dengan memegang stik berwarna hijau seolah-olah sedang bermain drum.

Dari gerakan itulah memberikan banyak manfaat, tidak hanya bagi kebugaran fisik dan membakar kalori tubuh. Namun juga memberi efek, baik bagi kesehatan mental dan pikiran.

"Untuk posisinya itu, dari empat posisi tersebut sangat bermanfaat untuk otot kaki, perut, kemudian otot lengan, jadi kita kalau sering pound fit biasanya staminya akan lebih bagus. bahkan juga baik untuk kesehatan jantung," imbuhnya.

Salah satu peserta olahraga pound fit, Yuliana (26) mengakui banyak manfaat yang didapat setelah melakukan empat gerakan dasar itu bagi kesehatan tubuh. 

"Manfaat yang saya rasakan, pertama staminanya lebih stabil, kemudian setelah pound fit itu kita ngerasa happy, tidak ada stres gitu, kemudian untuk pengencangan itu terasa sekali, karena gerakan pound fit kan berasal dari gerakan yoga, jadi kemudian dibahu, kemudian paha dan di area tubuh lainnya itu terasa manfaatnya, ada perubahan," katanya.

Olahraga pound fit yang berasal dari Amerika Serikat pada tahun 2011 ini merupakan jenis olahraga yang fleksibel atau bisa dilakukan oleh semua kalangan, baik anak-anak, orang dewasa laki-laki dan perempuan. (MC.TMG/fir;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top