Iklan Layanan Masyarakat

Nyadran Kyai Kramat Dusun Pete Diadakan Dua Tahun Sekali

Minggu, 25 Feb 2024 07:38:47 191

Keterangan Gambar : Nyadran Kyai Kramat Dusun Pete Diadakan Dua Tahun Sekali


Temanggung, Media Center - Lebih dari 70 kambing disembelih dalam rangka Nyadran Kyai Kramat Dusun Pete, Desa Kembangsari, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jumat (23/2/2024).

Kepala Desa Kembangsari, Mujiyono menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut digelar setiap dua tahun sekali di hari Jumat Kliwon.

Di samping melestarikan kebudayaan yang ditinggalkan leluhur, kegiatan tersebut sekaligus untuk mempererat tali persaudaraan bagi masyarakat, khususnya masyarakat Desa Kembangsari.

"Nyadran kambing digelar dua tahun sekali, tetapi untuk kegiatan sadranan tersebut setiap tahun, yaitu di Jumat Kliwon di wilayah Kembangsari. Karena kebetulan masyarakat kami itu ada dua kegiatan sadranan, Jumat Pon dan Jumat Kliwon, maka kegiatan tersebut kita laksanakan berurutan, tahun sekarang penyembelihan kambing, sedangkan untuk tahun besok kita fokus dalam sadranan Jumat Pon seribu tenong," ungkapnya, Jumat (23/2/2024).

Mujiyono juga mengatakan untuk tahun ini Desa Kembangsari menyembelih kurang lebih 85 ekor kambing dari warga masyarakat Desa Kembangsari.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung, Hendra Sumaryana mengatakan, kegiatan sadranan Kyai Kramat dimasukkan ke dalam kalender event Kabupaten Temanggung, dengan harapan kegiatan seperti itu bisa semakin dikenal di masyarakat regional, maupun nasional.

"Karena event-event ini kan budaya lokal yang harus kita promosikan," ungkapnya.

Hendra memandang, dalam setiap event tersebut harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Jadi tidak hanya rutinitas dalam event saja, melainkan harus ada perbaikan dari tahun ke tahun.

"Harapannya, dengan event ini yang dilaksanakan setelah Pemilu, kita bisa guyub lagi tanpa melihat perbedaan pilihan," pungkasnya. (MC TMG/Cahya;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top