Iklan Layanan Masyarakat

Nikmatnya Sajian Kuliner Tradisional dengan Diiringi Pertunjukan Tarian

Senin, 04 Sep 2023 12:24:04 390

Keterangan Gambar : Nikmatnya Sajian Kuliner Tradisional dengan Diiringi Pertunjukan Tarian


Temanggung, MediaCenter - Anak didik Sanggar Tari Natya Laksita Temanggung memamerkan kelihaiannya di Pasar Curug Titang, Desa Nampirejo, Kecamatan Tembarak, Temanggung, Jawa Tengah, Minggu (3/9/2023).

Tarian pertama berjudul Tari Cowet-cowetan. Tarian tersebut diciptakan oleh seorang penari ternama yang sudah merambah ke kancah internasional asal Temanggung, yaitu Didik Nini Thowok. Tari Cowet-cowetan yang dipentaskan anak-anak usia TK-SD ini menceritakan tentang keceriaan atau suka cita anak-anak yang sedang bermain dengan teman sebayanya.

"Kalau yang kedua kita adaptasi gerakan dari daerah betawi," imbuh Lilik (55), pelatih tari yang sekaligus penanggungjawab Sanggar Natya Laksita Cabang Temanggung.

Lilik berharap, untuk seluruh anak-anak, khususnya di wilayah Temanggung agar lebih menyukai seni tari. Karena seni tari, khususnya tari tradisional merupakan kekayaan bangsa Indonesia.

"Makanya saya buka sanggar itu untuk menyalurkan dan menanamkan rasa senang dengan kesenian negeri sendiri, bukan yang dari luar sana," imbuhnya.

Lilik juga berpesan untuk sanggar tari yang lain, agar lebih digiatkan dalam mempromosikan tarian tradisional dibanding tarian modern.

Pasar Curug Titang rutin diselenggarakan setiap Hari Minggu Pahing. Lokasi yang dikelilingi oleh tanaman bambu dan kopi tersebut menambah kenyamanan pengunjung yang datang untuk menikmati pertunjukan dan makanan yang disajikan oleh penggiat UMKM setempat.

Ketua Penyelenggara Kegiatan Pasar Curug Titang, Widya (56) mengatakan, bahwa terdapat beberapa kesenian dari sekolah-sekolah setempat mulai dari tingkat Kelompok Bermain hingga Sekolah Dasar.

"Biasanya untuk pembukaannya, kami adakan senam, senam tadi itu dari senam Adirti Temanggung. Gerakan senam Adirti seperti Taichi. Jadi gerakannya lebih lembut dan lebih lambat, karena pesertanya juga kebanyakan lansia," ungkapnya.

Untuk penggiat UMKM yang berjualan tidak dikhususkan untuk warga Desa Nampirejo saja, akan tetapi bagi warga di luar desa juga boleh menggelar dagangannya di Pasar Curug Titang dengan ketentuan yang sudah disepakati panitia. (MC TMG/Chy;Ekp).

Pencarian:

Komentar:

Top