Iklan Layanan Masyarakat

Musrenbang RKPD 2025: Mewujudkan SDM Kompetitif, Inovatif, Percepatan Pertumbuhan Ekonomi, dan Tata

Kamis, 07 Mar 2024 15:58:18 524

Keterangan Gambar : Musrenbang RKPD 2025: Mewujudkan SDM Kompetitif, Inovatif, Percepatan Pertumbuhan Ekonomi, dan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik


Temanggung, Media Center - Pemkab Temanggung melalui Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappeda) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Temanggung dengan tema "RKPD tahun 2025, Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Kompetitif dan Inovatif, Percepatan Pertumbuhan Ekonomi, dan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik”, bertempat di Graha Bhumi Phala, Komplek Setda Temanggung, Kamis (7/3/2024). 

Pj. Bupati Hary Agung Prabowo berkesempatan membuka secara langsung kegiatan tersebut, dengan dihadiri Forkopimda, perwakilan Bappeda Provinsi Jawa Tengah, para Wakil Ketua DPRD Kabupaten Temanggung, Pj. Sekda Agus Sujarwo, Kepala Bappeda Dwi Sukarmei beserta jajaran, para Kepala OPD, para kepala instansi vertikal, Camat dan Lurah se-Kabupaten Temanggung, para delegasi Musrenbang kecamatan, perwakilan lembaga atau forum lainnya, dan seluruh unsur masyarakat. 

Kepala Bappeda menjelaskan, Musrenbang sebagai forum koordinasi antar pemangku kepentingan dalam penyampaian aspirasi pembangunan, serta untuk memberikan masukan terhadap dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 Kabupaten Temanggung.

“Tersusunnya dokumen RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025 Kabupaten Temanggung yang memenuhi harapan dan kebutuhan para pemangku kepentingan, serta mendukung tercapainya tujuan pembangunan Kabupaten Temanggung,” jelas Dwi Sukarmei.

Pj. Bupati mengatakan kepada awak media, bahwa kegiatan Musrenbang tingkat Kabupaten Temanggung merupakan tindak lanjut dari Musrebang tingkat desa, kelurahan, dan kecamatan yang sudah berlangsung sebelumnya.

“Dalam rangka memberikan saran dan masukan terkait dengan RPJPD tahun 2025, dari situ nanti saran dan masukan tersebut akan dipaparkan oleh Pj. Sekda. Hal tersebut juga bertujuan untuk membuka wacana di tahun 2025 untuk menentukan langkah kedepan,” kata Pj. Bupati Hary Agung Prabowo.

Hal terpenting, seperti yang di sampaikan Pj. Bupati, bahwa pada tahun 2025 yang akan datang, Kabupaten Temanggung bisa memaksimalkan sumber daya manusia yang kompetitif dan inovatif, percepatan pertumbuhan ekonomi, dan tata kelola pemerintahan yang lebih baik dan maksimal di segala bidang.

“Mengingat tahun ini adalah tahun politik, beberapa kegiatan kita itu agak sedikit terkurangi dan ada anggaran yang masuk ke Pemilu, Pilpres, maupun Pilkada, sehingga tahun depan, InsyaAllah, kita punya dana lebih, dan akan kita lakukan pembangunan di tahun berikutnya, termasuk bidang infrastruktur, sosial budaya, dan bidang-bidang lain yang memang harus kita lakukan,” tandas Pj. Bupati.

Pj. Bupati mengungkapkan, setelah selesainya Musrenbang ini, nantinya susunan RKPD akan dipadukan dengan hasil dari Musrenbang. Poin-poin penting hasil dari Musrenbang kecamatan akan dipilah dan akan diberikan pagu untuk dianggarkan pada tahun 2024. 

Selanjutnya, Ketua DPRD Yunianto menambahkan, dalam rangka mendukung kesuksesan pembangunan di Kabupaten Temanggung, DPRD Kabupaten Temanggung melalui pokok-pokok pikiran DPRD mendukung penuh terhadap tema pembangunan tahun 2025, dengan mengalokasikan kegiatan pokok-pokok pikiran DPRD sesuai dengan tema pembangunan yang telah ditetapkan.

“Selanjutnya kami berharap, pokok-pokok pikiran yang dihasilkan oleh DPRD Kabupaten Temanggung sebagai representasi masyarakat Kabupaten Temanggung, mampu membenahi berbagai persoalan aktual di Kabupaten Temanggung, dan mendukung tercapainya visi misi Pemerintah Daerah,” harapnya. (Wll;Chy;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top