Iklan Layanan Masyarakat

Mengenal Pejuang Kemerdekaan KH. Subkhi Parakan

Jumat, 18 Agu 2023 07:56:26 438

Keterangan Gambar : Mengenal Pejuang Kemerdekaan KH. Subkhi Parakan


Temanggung, Media Center - Siswa dari Sekolah dasar (SD) Negeri 3 Parakan Kauman, Kecamatan Parakan, Temanggung melakukan ziarah dan tabur bunga di Makam KH. Subkhi Parakan, Rabu (16/8/2023). 

Kegiatan ini merupakan upaya dari pihak sekolah untuk memperkenalkan pahlawan daerah kepada siswa sejak dini.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Armunik mengatakan, ziarah dan tabur bunga di makam KH. Subkhi ini untuk menanamkan kepada peserta didik agar mengenal pahlawan daerah, terutama sosok KH. Subkhi yang dulu memperjuangkan Parakan. 

Tujuannya supaya anak-anak mengerti, bahwa para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan dengan susah payah. Anak-anak sekarang harus meneruskan perjuangan dengan pena dan buku, bukan lagi dengan bambu runcing, seperti yang dilakukan dahulu. 

“Kita memilih ziarah dan tabur bunga di sini, karena bapak Kyai Subkhi adalah pahlawan dari daerah yang memperjuangkan kemerdekaan di Parakan,” katanya.

Menurutnya, sosok tersebut yang memberi semangat kepada pemuda-pemudi Indonesia untuk bersatu atau berjuang bersama-sama. Hal ini sejalan dengan Sumpah Pemuda yang menyatukan seluruh pemuda di Indonesia. Sosok inilah yang menyatukan atau memprakarsai para pemuda di Parakan. 

Tokoh ini mempersatukan para pemuda untuk berjuang melawan penjajah dengan bambu runcing. Armunik berharap, agar siswa SD Negeri 3 Parakan Kauman mengenal siapa yang memperjuangkan Parakan dengan berkunjung dan menabur bunga di makam.

“Dengan mengenal perjuangan pahlawan, kami berharap mereka semakin rajin belajar dan selalu berdoa kepada Tuhan agar menjadi anak yang pandai,” ungkapnya.

Ketua Komite Sekolah Muhammad Amin Priyanto menambahkan, anak harus mengenal pahlawan lokal. Lokalitas menjadi sangat penting, karena untuk mengetahui sejarah selalu berangkat dari lokal. Sejarah sangat berpengaruh pada kehidupan yang akan datang. Selain itu, ia berharap agar anak-anak lebih menghargai apa yang mereka dapat hari ini. 

“Apa yang terjadi hari ini sangat berkorelasi penuh dengan pergerakan terdahulu,” tambahnya.

Siswa Kelas 6, Aufa A Zufadan Aflah mengaku senang mengikuti ziarah dan tabur bunga ini. Sebelum kegiatan ini, ia belum mengetahui sosok KH Subkhi. Sekarang ia mengenal sosok tersebut adalah pahlawan di Temanggung. 

Selain itu, Aufa juga jadi belajar untuk membela negara dan memperjuangkan kemerdekaan. Kemudian dalam konteks sekarang berjuang mengisi kemerdekaan. 

“Saya senang bisa belajar di luar seperti ini, sehingga bisa liat yang di luar-luar ini dan mengetahui pengetahuan lain,” tuturnya. (MC.TMG/fir;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top