Iklan Layanan Masyarakat

Masyarakat Tidak Perlu Cemas Untuk Vaksinasi Covid-19

Rabu, 27 Jan 2021 18:50:24 967

Keterangan Gambar : Petugas Puskesmas Temanggung sedang melaksanakan pengecekan registrasi calon penerima vaksinasi Covid-19


Temanggung, Media Center – Pembagian vaksinasi Covid-19 oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Temanggung harus sudah diselesaikan pada hari Kamis (28/1/2021). Puskesmas Temanggung melakukan pelayanan vaksinasi Covid-19 sejak pencanangan, yaitu pada Hari Senin (25/1/2021) kemarin. Sedangkan jatah sasaran ditahap pertama sejumlah 144 orang khusus untuk tenaga kesehatan, Rabu (27/1/2021).


“Dihari pertama itu termasuk 10 orang VIP yang mendapatkan pencanangan pertama kali vaksinasi di Kabupaten Temanggung”, ungkap Anastasia Susilo Handayani selaku Kepala Puskesmas Temanggung.
Sepuluh orang tersebut, diantaranya Bupati dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Temanggung serta beberapa tokoh masyarakat untuk mewakili warga Kabupaten Temanggung.
Anastasia yang akrab dipanggil dokter Yani itu mengaku sasaran vaksinasi untuk tahap pertama dikhususkan tenaga kesehatan yang ada di wilayah Puskesmas Temanggung diantaranya Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, PMI, Apotek dan juga klinik-klinik yang berada diwilayah Puskesmas Temanggung.


Puskesmas Temanggung melakukan persiapan sejak 2 bulan terakhir untuk menjalankan tugas dalam memberi vaksinasi Covid-19 kepada seluruh masyarakat Temanggung. Sehingga sudah banyak pelatihan-pelatihan yang dikerjakan tenaga Kesehatan Puskesmas Temanggung, baik teori maupun praktik. Baik dari petugas yang mendapatkan pelatihan vaksinator dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Setelah itu para petugas medis Puskesmas Temanggung melakukan pelatihan sendiri dan mengadakan simulasi serta membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai dengan petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan RI.


“Jadi kita siapkan sarana dan prasarana, SDM nya, juga dengan sasarannya itu kerjasama dengan Dinas Kesehatan dan BPJS, serta dari Kementerian Kesehatan,” imbuhnya.
Untuk vaksinasi ditahap dua dan seterusnya, dokter Yani mengatakan akan selalu mendapatkan alur, panduan dan petunjuk teknis dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Selain itu juga akan melakukan update informasi dan panduan yang akan dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten maupun Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.


“Kebetuan tenaga kami sudah mendapatkan vaksinasi juga, jadi kami juga lebih mantab melayani. Jadi secara alurnya kami sudah siap, SOPnya juga sudah siap, dan secara istilahnya imunitas kami juga sudah terbantu, karena sudah mendapatkan vaksinasi ini. Jadi mudah-mudahan pelayanan pada Puskesmas juga semakin maksimal,” tambahnya.


Dokter Yani berharap masyarakat untuk tidak takut dengan vaksin. Penerapan protokol kesehatan juga harus tetap berjalan, karena disiplin 3M secara terus menerus oleh masyarakat akan menentukan cepat tidaknya pandemi ini selesai.
Sesuai pesan Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo, yang telah melakukan tinjauan langsung ke sejumlah Puskesmas termasuk Puskesmas Temanggung, Rabu (27/1/2021), yaitu agar masyarakat Temanggung tidak perlu takut melakukan vaksinasi, karena pelayanan di Puskesmas Temanggung sudah sesuai SOP. Akan tetapi untuk yang sudah melakukan vaksinasi juga harus tetap menjalankan Protokol Kesehatan 3M, Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan “Harapannya ya pandemi segera selesai dan semuanya bisa kembali seperti dulu lagi,” pungkasnya. (MC TMG/Cahya;Ekape).

Pencarian:

Komentar:

Top