Iklan Layanan Masyarakat

Lomba Jaran Kepang SD dan SMP Meriahkan Hari Jadi Temanggung

Kamis, 24 Nov 2022 12:11:09 87

Keterangan Gambar : Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-188 Kabupaten Temanggung,  digelar Lomba Jaran Kepang di Alun-alun Temanggung. Kegiatan yang dimulai sejak Selasa (22/11/2022) sampai Kamis (24/11/2022) tersebut diikuti oleh 60 peserta tingkat SD dan 30 peserta tingkat SMP. Sebelumnya, telah dilaksanakan babak penyisihan dari 434 SD dan 50 SMP se-Kabupaten Temanggung.


Temanggung, MediaCenter - Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-188 Kabupaten Temanggung,  digelar Lomba Jaran Kepang di Alun-alun Temanggung. Kegiatan yang dimulai sejak Selasa (22/11/2022) sampai Kamis (24/11/2022) tersebut diikuti oleh 60 peserta tingkat SD dan 30 peserta tingkat SMP. Sebelumnya, telah dilaksanakan babak penyisihan dari 434 SD dan 50 SMP se-Kabupaten Temanggung.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Temanggung Saltiyono Atmaji menjelaskan, mekanisme lomba jaran kepang diawali dengan menerbitkan Juklak dan Juknis  video yang dibuat oleh pegiat jaran kepang yang tergabung dalam Layar Budaya Kandang Jaran Kepang. Selanjutnya dilakukan pelatihan jaran kepang kepada guru-guru dari masing-masing sekolah yang selanjutnya disampaikan kepada para siswa.

Salah satu tujuan diadakannya lomba jaran kepang tersebut untuk memurnikan kembali gerakan jaran kepang asli Temanggung, yang selama ini banyak gerakan jaran kepang yang sudah bervariasi dan berkolaborasi dengan tarian yang lain.

“Jadi yang kita lombakan ini gerakannya sama, tariannya sama, tabuhannya sama, durasinya sama, tata busananya  juga sama, sesuai juklak yang sudah kita tentukan. Dalam pembuatan Juklak dan Juknis lomba jaran kepang ini mengacu pada gerakan jaran kepang asli Temanggung,” jelasnya.

Saltiyono berharap, nantinya dapat dibedakan antara jaran kepang yang sudah berkolaborasi atau bercampur dengan tarian yang bukan asli Temanggung dan jaran kepang baku Temanggungan, meskipun menurutnya keduanya sama-sama bagus.

“Dalam rangka hari jadi Temanggung ini tujuan kami yang utama adalah memurnikan kembali, membakukan kembali gerakan jaran kepang yang asli Temanggung. Harapan kami setelah adanya kegiatan lomba ini gerakan jaran kepang yang asli Temanggung bisa tersampaikan kepada semua kelompok-kelompok seni yang ada di Kabupaten Temanggung,” tandasnya. (MC.TMG/sv;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top