Iklan Layanan Masyarakat

Lomba Jaran Kepang, Disambut Antusias Warga Temanggung

Senin, 19 Nov 2023 12:45:44 346

Keterangan Gambar : Lomba Jaran Kepang, Disambut Antusias Warga Temanggung


Temanggung, MediaCenter - Final Lomba Jaran Kepang Tingkat SD dan SMP berjalan meriah di Aloon-Aloon Temanggung, Minggu (19/11/2023). 

Kegiatan berlangsung selama dua hari, tanggal 18-19 November 2023. Final Jaran Kepang diikuti oleh 20 tim finalis SD dan 20 tim finalis SMP se-Kabupaten Temanggung.

Kepala Dinbudpar Temanggung, Hendra Sumaryana menyampaikan, tujuan kegiatan Lomba Jaran Kepang adalah untuk melakukan regenerasi budaya jaran kepang. 

"Jadi kita melaksanakan Lomba Jaran Kepang tingkat SD dan SMP ada beberapa tujuan, tujuan yang pertama untuk meregenerasi budaya jaran kepang agar ada penerusnya. Kemudian peningkatan secara kualitas dan kuantitas," katanya. 

Hendra menjelaskan, Kabupaten Temanggung memiliki potensi yang sangat baik terkait seni budaya. Hal ini dikarenakan, Temanggung memiliki banyak kelompok seni budaya.

"InshaAllah luar biasa, karena kita memiliki kelompok seni budaya hampir 2500 kelompok seni budaya yang sudah teregistrasi di Dinbudpar Temanggung," imbuhnya. 

Kedepan, ia berharap, Temanggung bisa membawa jaran kepang di tingkat nasional, maupun internasional.

"Artinya, kedepan kita ingin mengangkat agar kesenian jaran kepang ini tidak hanya di tingkat regional, lokal, tetapi kita bisa ke tingkat nasional dan internasional," harapnya. 

Kayla (11), salah seorang peserta asal SD Negeri Baledu mengaku senang mengikuti kegiatan Lomba Jaran Kepang.

"Suka, karena ciri khasnya Temanggung, bagus gitu," ungkapnya. (MC.TMG/adi;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top