Iklan Layanan Masyarakat

Libur Lebaran, Semua Pejabat di Temanggung Harus Tetap Siaga

Kamis, 28 Apr 2022 17:18:45 231

Keterangan Gambar : Bupati HM Al Khadziq memimpin Rakor jelang Libur Lebaran 2022, di Lhoka Bhakti Praja, Kompleks Kantor Setda, Kamis (28/4/2022)


Temanggung, MediaCenter - Bupati HM Al Khadziq memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) terakhir sebelum masuk libur Lebaran 2022. Rakor dimaksudkan untuk koordinasi antar semua instansi, sebab meski libur, sebagai penyelenggara negara harus tetap bisa memberikan pelayanan publik.  

Turut hadir dalam Rakor, Wakil Bupati Heri Ibnu Wibowo, Sekda Hary Agung Prabowo, Ketua DPRD Yunianto, Kapolres AKBP Burhanuddin, Kajari I Wayan Eka Miartha, Kasdim Mayor Inf Husain Samaun, para Asisten, dan Kepala OPD. 

Bupati mengatakan, semua pihak harus siap mengantisipasi libur Lebaran dan pasca Lebaran. Para Kepala OPD, Camat, dan lintas sektor lainnya diminta untuk bisa bersinergi dalam pelayanan masyarakat, sebab di musim liburan ini kegiatan masyarakat meningkat. Di satu sisi pemerintah tetap harus menyelenggarakan semua sektor kehidupan publik. 

"Saya tetap minta semua standby, manakala ada tugas-tugas tetap dilaksanakan, kalau ada masalah dan lain-lain. Para penanggung jawab wilayah, termasuk para Camat harus bertanggung jawab semua resiko di wilayahnya. OPD teknis lain yang tidak ada tugas khusus terkait Lebaran juga harus membantu para Camat penanggung jawab wilayah. Ada banyak hal yang harus kita kerjakan di Lebaran ini, masalah yang kira-kira akan muncul adalah kemacetan lalu lintas. Ada sekitar 800 ribu calon pemudik yang akan melintas Temanggung. Jadi harus kita antisipasi, kemacetannya di mana, kira-kira harus lewat jalur alternatif kecamatan mana, maka Pak Camatnya harus koordinasi dengan Kepolisian, maupun Koramil setempat," kata Bupati dalam Rakor di Loka Bhakti Praja, Kamis (28/4/2022). 

Bupati juga menegaskan, bahwa masalah harga-harga kebutuhan pokok, buka tutupnya pusat kebutuhan masyarakat harus diperhatikan, guna memastikan ketercukupan kebutuhan masyarakat dengan harga wajar. 

Bupati meminta agar dipastikan tidak ada penimbunan barang, supaya tidak terjadi lonjakan harga.

Kemudian soal takbir keliling ini penting untuk diantisipasi, dalam hal ini perlu koordinasi dengan Polres, Polsek, Kodim, Koramil, agar masyarakat paham dan segalanya bisa berjalan dengan lancar. 

"Satgas Covid juga harus siaga, tetap harus diwaspadai berbagai kerawanan Covid, termasuk nanti objek wisata perlu disiapkan betul. Tidak lupa soal kebersihan, kerapian juga harus diperhatikan betul," tegas Bupati.

Kajari I Wayan Eka Miartha meminta agar masyarakat selalu diingatkan untuk tetap waspada dalam segala hal, seperti pencegahan kebakaran. Artinya, tidak boleh lengah saat mau bepergian agar instalasi listrik diperhatikan. 

Ketua DPRD Yunianto menuturkan, Lebaran saat ini ada euforia masyarakat, sebab sudah dua tahun lamanya tidak ada Lebaran, sehingga harus ada advokasi, atau intervensi kepada masyarakat demi keselamatan bersama.

"Kita harus mempedomani hal itu, untuk keselamatan masyarakat. Kami mendukung Pemkab Temanggung supaya semua bisa berjalan dengan baik, supaya Lebaran tahun ini bisa kita lalui bersama dengan baik tidak ada hal negatif," katanya.

Kapolres AKBP Burhanuddin mengemukakan akan semaksimal mungkin menjaga keamanan wilayah yang tentunya dengan dukungan semua pihak. Selain kemacetan, juga hal keamanan tidak boleh diabaikan. 

Kasdim 0706 Mayor Inf Husain Samaun mengatakan hal senada, Kodim 0706 Temanggung akan mendukung sepenuhnya Pemkab, dan Polres Temanggung. 

"Koramil-Koramil kita standby kan personil, dan siap membantu Polres dan Pemerintah Daerah. Saya ingatkan kembali Camat untuk koordinasi dengan Danramil, dan Kapolsek untuk keamanan. Karena di mudik ini ada banyak warga yang mungkin rumahnya kosong, jadi di lapangan harus ada koordinasi supaya aman tidak ada kemalingan," tandasnya. (MC.TMG/ary;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top