Iklan Layanan Masyarakat

Komisi Informasi Jateng Visitasi dan Verifikasi PPID Pemkab Temanggung

Senin, 14 Nov 2022 18:41:27 152

Keterangan Gambar : Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah melakukan visitasi dan penilaian tahap 3 dari 4 tahapan pemeringkatan Keterbukaan Badan Publik Pemerintah Kabupaten Temanggung di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung, Senin (14/11/2022) siang.


Temanggung, Media Center – Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah melakukan visitasi dan penilaian tahap 3 dari 4 tahapan pemeringkatan Keterbukaan Badan Publik Pemerintah Kabupaten Temanggung di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung, Senin (14/11/2022) siang.

Berdasarkan penilaian atas kuesioner penilaian mandiri atau Self Assessment Questionnaire (SAQ) melalui aplikasi E-Monev, Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah menetapkan Badan Publik Pemkab Temanggung lolos tahap visitasi. Penilaian yang dimaksud merupakan akumulasi nilai tahap 1 dan 2. Penilaian tahap 1 merupakan penilaian di bidang kelengkapan data web dan medsos, sedangkan di tahap 2 merupakan penilaian SAQ. Setelah nilai diakumulasi, Pemkab Temanggung mendapatkan nilai 92,25 dengan status lolos tahap visitasi.

Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di Badan Publik memiliki tujuan untuk menilai Badan Publik dalam menjalankan kewajiban mengumumkan Informasi Publik, menyediakan Informasi Publik, melayani permohonan Informasi Publik dan melakukan pengelolaan Informasi dan Dokumentasi Sesuai Dengan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang KIP.

Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah, Ermy Sri Ardhyanti mengatakan, bahwa visitasi ini dilakukan untuk menggenapi dan memverifikasi data yang ada di SAQ. Diharapkan semua data untuk didigitalisasikan supaya bisa mempercepat proses. Disarankan pula untuk dibuatkan tampilan statistik di dalam aplikasi E-Monev PPID, agar Pemkab Temanggung dalam memonitoring lebih detail hingga di tingkat desa/kelurahan. Instrument yang menunjang penilaian juga harus terupdate, khususnya untuk instrument yang sifatnya berkala.

Kegiatan visitasi meliputi pemeriksaan kelengkapan dokumen dalam SAQ sesuai aplikasi E-Monev dan presentasi oleh Tim PPID.

"PPID Pemkab Temanggung mengucapkan terima kasih kepada Komisi Informasi Jawa Tengah yang memberikan kesempatan kepada PPID Pemkab Temanggung untuk mengikuti visitasi dan verifikasi. Harapannya, hasilnya memuaskan dan bisa lanjut ke tahapan uji publik," kata Dyah Sulistyowati, Sekretaris Dinkominfo yang juga PPID Pemkab Temanggung. (MC.TMG/chy;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top