MediaCenter

Kirab Merti Bhumi Ramaikan Gelar UMKM Kecamatan Bulu

Rabu, 14 Agu 2024 08:48:01 261

Keterangan Gambar : Gelar UMKM Kecamatan Bulu


Temanggung, Media Center - Pemkab Temanggung melalui Kecamatan Bulu melaksanakan Gelar Produk UMKM dan Kirab Merti Bhumi dalam rangka memperingati HUT ke-79 Republik Indonesia tahun 2024 yang berlangsung di Kecamatan Bulu, Temanggung, Selasa (13/8/2024) pagi.

Pj. Ketua TP PKK, Indira Prasmini Agung Prabowo didampingi Forkopimcam Bulu dan seluruh jajaran, beserta seluruh panitia berkesempatan membuka secara resmi kegiatan yang diawali dengan jalan aehat.

Camat Bulu, Panca Pastiyanto menjelaskan, kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari berturut-turut dengan agenda di hari pertama yaitu jalan santai, kemudian dilanjutkan dengan pembagian doorprize dan pameran produk unggulan UMKM dari 19 desa di Kecamatan Bulu dan panggung hiburan.

Kemudian di hari kedua Rabu (14/8/2024) ada penampilan pentas seni dari 19 desa se-Kecamatan Bulu dalam rangka merayakan Merti Bhumi dan HUT ke-79 RI.

"Yang terakhir, hari Kamis (15/8/2024) nanti eventnya luar biasa, ada Merti Bhumi 1000 tumpeng dan pesertanya berpakaian adat jawa," tandasnya.

Panca menambahkan, gunungan hasil bumi yang akan dikirab nantinya menandakan, bahwasannya Merti Bhumi itu memelihara bumi supaya para petani untung, panennya berhasil dan bisa berharga tinggi.

"Malamnya ada pentas wayang kulit, untuk itu, kami mohon kepada masyarakat agar bisa menghadiri kegiatan di Kecamatan Bulu ini," ajaknya.

Selanjutnya, Indira mengatakan, dalam pembukaan jalan santai di hari pertama tersebut, disambut dengan penuh antusias oleh masyarakat, utamanya dari Kecamatan Bulu, dan panitia juga turut mengajak siswa-siswi SD dan SMP untuk turut memeriahkan kegiatan kali ini. 

"Alhamdulillah, meriah sekali luar biasa. UMKM dari 19 desa di Kecamatan Bulu ini juga luar biasa bagus-bagus, terdapat berbagai macam varian UMKM, kemudian juga dari pelaku UMKMnya sendiri sangat bersemangat untuk mengembangkan UMKMnya," katanya. 

Selain itu, indira juga mengungkapkan, kegiatan tersebut juga merupakan salah satu wadah untuk mengapresiasi para pelaku UMKM dalam menampilkan dan mengenalkan produk-produk unggulan terbaiknya. 

"Hal ini merupakan sesuatu yang menyenangkan untuk pelaku UMKM, karena mereka merasa diwadahi dan di perhatikan, terutama untuk menjual dan memasarkan produk-produk unggulannya," ungkapnya.

Indira berharap, para pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Bulu dapat meningkatkan inovasi dan kreasinya, sekaligus mengembangkan olahan-olahan produk UMKM mereka untuk bersaing di pasaran. (Wll;Chy;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top