Iklan Layanan Masyarakat

Kirab Gunungan, Wujud Syukur Kemerdekaan dan Guyub Rukun Pasar Kliwon Temanggung

Jumat, 25 Agu 2023 19:21:46 336

Keterangan Gambar : Kirab Gunungan, Wujud Syukur Kemerdekaan dan Guyub Rukun Pasar Kliwon Temanggung


Temanggung, MediaCenter - Bupati Temanggung HM. Al Khadziq mengapresiasi kegiatan seremonial Kirab Gunungan, Tumpengan Kembul Bujono, serta Kesenian Kuda Lumping dan Warokan dalam rangka Memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI yang dilaksanakan oleh seluruh Komponen Pasar Kliwon Temanggung, Jum'at (25/8/2023). 

Bupati Al Khadziq hadir bersama dengan perwakilan dari Forkopimda, Wakil Ketua DPRD Tunggul Purnomo, Kepala Dinkopdag Entargo Yutri Wardhono, serta Camat Temanggung Herman Santoso. 

"Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada panitia yang telah bekerja keras mengumpulkan seluruh pedagang pasar, mengundang para pejabat terkait, untuk menunjukkan rasa syukur, karena telah dikaruniai 78 tahun Republik Indonesia. Selain itu, juga menunjukkan syukur bahwa seluruh keluarga besar pedagang Pasar Kliwon dapat guyub rukun, bersatu, bersama-sama, dan memiliki rasa persaudaraan satu dengan lainnya," ungkap Bupati. 

Mengingat kondisi perdagangan masa kini yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman, Bupati menekankan komitmen Pemerintah Kabupaten Temanggung untuk terus mendampingi seluruh pedagang pasar, khususnya di Pasar Kliwon Temanggung. 

"Terlebih saya salut dengan para pedagang pasar, khususnya di Pasar Kliwon, mengingat akhir-akhir ini menjadi pedagang di pasar itu tidak mudah. Pemerintah Kabupaten siap untuk terus mendampingi seluruh pedagang pasar apalagi di Pasar Kliwon Temanggung ini. Susah senangnya pedagang, juga susah senangnya pemerintah. Oleh karena itu, mohon maaf kalau selama ini pelayanan pemerintah masih ada kurangnya, satu, dua, tiga hal yang belum sempurna. Sing penting bareng-bareng bebrayan antara pedagang, pengurus pasar, Dinas Kopdag, Bupati, juga DPRD. InsyaAllah kalau kita bersama-sama, sesulit apapun kondisinya pasti nanti akan terlewati," tandas Bupati. 

Kun Budi Hartono, selaku Ketua Panitia Perayaan HUT ke-78 di Pasar Kliwon Temanggung menuturkan, bahwa perayaan serupa juga pernah digelar oleh Komponen Pasar Kliwon sebelum pandemi Covid-19. Perayaan terhenti saat adanya imbuan dari pemerintah untuk tidak menggelar acara-acara yang melibatkan banyak orang berkerumun. Sehingga di tahun 2023 ini kembali digelar acara perayaan guna memupuk persaudaraan, guyub rukun antar komponen pasar, serta mengeksplorasi kreatifitas seluruh komponen Pasar Kliwon Temanggung. 

"Jadi dari pedagang ini memang membentuk suatu kepanitiaan untuk kegiatan Perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus ini. Kegiatan yang ada yaitu Kirab Gunungan, kemudian tumpengan makan bersama kembul bujono, yang terdiri dari seluruh komponen pasar, bukan hanya pedagang saja, tetapi juga ada petugas parkir, tukang becak, dan lain sebagainya. Yang kita harapkan, sesama komponen pasar itu bisa bersatu, membuat suatu kerukunan, guyub rukun yang baik. Selain itu tujuan kegiatan ini salah satunya membuat daya tarik pembeli agar juga mengetahui, bahwa pasar kita ini tidak hanya mau berdagang, tetapi kreatifitas pedagang ternyata juga bisa dilaksanakan," pungkasnya. 

Rute Kirab Gunungan dimulai dari titik Panggung Utama Pasar Kliwon Temanggung, dilanjutkan melintasi Kantor Setda Temanggung dan Tugu Jam, kemudian berakhir kembali di Pasar Kliwon Temanggung. (MC.TMG/nin;adi;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top