Iklan Layanan Masyarakat

Kenalkan Alam Sewu Dengan Kesenian Jaran Kepang

Rabu, 05 Agu 2020 16:01:00 1066

Keterangan Gambar :


Temanggung, MediaCenter – Rabu (5/8/2020), dalam upaya memperkenalkan destinasi wisata Alam Sewu yang terletak di Desa Giripurno, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Temanggung menggandeng seniman Jaran Kepang disekitar wilayah tersebut.

Alam Sewu terletak di Desa Giripurno, Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung berjarak 35 Km dari pusat kota, dengan suguhan alam yang sejuk dan alami yang dirasa tepat untuk pengambilan video kesenian Jaran Kepang.

Disela-sela pengambilan gambar Jaran Kepang, Kepala Bidang Kebudayaan Totok Purwanto menjelaskan, bahwa hal tersebut dilaksanakan untuk mengantisipasi kejenuhan warga yang masih di rumah karena terdampak Virus Korona.

“Namun, pertunjukan Jaran Kepangnya harus menerapkan protokol kesehatan, seperti membatasi jumlah penari dan pemain gamelannya. Bahkan tidak ada penontonnya,” tegasnya.

Dengan pembatasan tersebut diharapkan tidak adanya klaster baru dari seni pertunjukan Jaran Kepang, untuk itu pihaknya sengaja mendokumentasikan Jaran Kepang tersebut yang nantinya bisa dinikmati bersama di rumah masing-masing melalui media sosial.

Sedangkan selaku Pamong Budaya Muda Dinbudpar Kabupaten Temanggung Sugeng Riyadi menjelaskan dalam wawancara, selain bertujuan mencegah penularan Covid-19, juga untuk mengenalkan alam sewu sebagai potensi wisata Temanggung sekaligus melestarikan Jaran Kepang sebagai kebudayaan unggulan Kabupaten Temanggung.

“Untuk itu pentas dilaksanakan terbatas dengan didokumentasikan yang nantinya dapat disaksikan secara virtual di akun youtube Wisata Temanggung,” ujarnya.

Sugeng juga menambahkan, bahwa petani tembakau memiliki tradisi untuk memulai panen raya tembakau, biasanya mengadakan pentas tutup tahun dengan menggelar pentas Jaran Kepang yang begitu meriah.

“Pada kondisi normal pentas Jaran Kepang diadakan dengan begitu semarak berlatar panggung yang megah, akan tetapi pada masa pandemi seperti ini pentas tersebut tidak dapat dilaksanakan sebagaimana telah menjadi tradisi para petani tembakau di Kabupaten Temanggung,” pungkasnya.

Untuk itu kami sengaja menggandeng seniman sekitar Destinasi Wisata Alam Sewu untuk membuat video pertunjukan Jaran Kepang, agar menunda dulu pentas seni yang memang sudah melekat di masyarakat Kabupaten Temanggung guna pencegahan penularan Virus Korona. (MC TMG/Agung;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top