Iklan Layanan Masyarakat

Kembangkan Siswa Berkarakter dalam Penguatan Project Profil Pelajar Pancasila

Kamis, 23 Feb 2023 17:13:13 823

Keterangan Gambar : Kembangkan Siswa Berkarakter dalam Penguatan Project Profil Pelajar Pancasila


Temanggung, MediaCenter - Wakil Bupati Heri Ibnu Wibowo menghadiri gelaran SMK Swadaya Expo ke-4 dan lomba dalam rangka Penguatan Project Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka Belajar di Lapangan SMK Swadaya Temanggung, Kamis (23/2/2023). 

Wabup dalam sambutannya menuturkan, bahwa pelajar yang akan menjadi generasi penerus bangsa harus memiliki karakter yang baik disamping kecerdasan intelektual, sesuai dengan Program P5. 

"Sesuai dengan semboyan dari SMK Swadaya yaitu Maju, Unggul, dan Berkualitas. Namun kalau ini saya jadikan satu, saya ingin anak-anak generasi-generasi yang cerdas dan berkarakter seperti program Pemerintah P5 atau Penguatan Project Profil Pelajar Pancasila. Cerdas tidak hanya cerdas saja, tetapi juga diimbangi dengan karakter," tutur Wabup.

Selanjutnya, Wabup berpesan kepada seluruh siswa-siswi SMK Swadaya Temanggung untuk tidak hanya berfokus pada kecerdasan intelektual saja, namun juga diimbangi dengan kecerdasan spiritual agar menjadi generasi penerus yang berkarakter, berkepribadian baik, dan bermanfaat bagi orang lain. 

"Harapan kami, kecerdasan intelektual harus seimbang dengan kecerdasan spiritual. Anak-anakku, sebaik-baiknya orang adalah yang bisa memberikan manfaat kepada orang lain. Jangan sampai hidup kita tidak bisa memberikan manfaat kepada orang lain. Sehingga anak-anakku SMK Swadaya ini nantinya menjadi generasi-generasi yang berkarakter, mempunyai kepribadian baik," harap Wabup. 

Kepala SMK Swadaya Temanggung, Bambang Suwito Hadi menuturkan, bahwa kegiatan SMK Swadaya Expo digelar tiap 3 tahun sekali, dan di tahun 2023 ini merupakan gelaran expo perdana setelah pandemi.

"Kegiatan Expo SMK Swadaya dirancang 3 tahunan, namun karena pandemi Covid-19, maka kegiatan dilaksanakan pada bulan Februari 2023 ini. Tujuan dari kegiatan expo ini adalah meyakinkan, bahwa SMK Swadaya Temanggung merupakan sekolah pilihan masyarakat dan juga implementasi kurikulum merdeka tentang Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila," jelasnya.

Peserta Expo SMK Swadaya ke-4 terdiri atas 5 program di SMK Swadaya Temanggung, yaitu Program Akuntansi Keuangan Lembaga, Program Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Program Bisnis Daring dan Pemasaran, Program Tata Boga, dan Program Teknik Komputer Jaringan. Selain itu, juga terdapat 40 stand yang terdiri dari stand edukasi dari SMK Swadaya Temanggung dan 30 stand UMKM Home Industry. 

Sedangkan perlombaan yang ikut memeriahkan Expo SMK Swadaya Temanggung ke-4 terdiri dari lomba mewarnai tingkat PAUD dan TK, lomba band dan tari antar siswa SMP/MTs, lomba e-sport, serta lomba Master Chef Junior yang berlangsung sampai hari Sabtu pekan ini. (MC.TMG/nin;sv;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top