Iklan Layanan Masyarakat

Kecamatan Sukasari Subang Belajar Pengelolaan BUMDes di Temanggung

Sabtu, 24 Sep 2022 19:47:42 183

Keterangan Gambar : Kecamatan Sukasari Subang Belajar Pengelolaan BUMDes di Temanggung


Temanggung,  MediaCenter, -  Rombongan kades dan perangkat desa, serta PKK dari Subang dipimpin Camat Sukasari Muhammad Ruli melakukan studi banding di Kabupaten Temanggung. Rombongan diterima Sekda Hary Agung Prabowo dan Kepala Dinpermades Gema Artisti Wahyudi di Loka Bhakti Praja, Sabtu (24/9/2022). 

Rombongan kemudian juga mengunjungi Desa Gondosuli, Desa Bulu, Kecamatan Bulu, dan Tanurejo, Kecamatan Bansari guna melakukan studi banding terkait pengelolaan BUMDes, pemberdayaan keluarga, kinerja pemerintahan desa, PKK dan lain-lain. Diterangkan pula terkait unit usaha yang dikelola, seperti perdagangan, wisata, pelayanan umum, pertanian, perternakan, persewaan, pengelolaaan air bersih, pengelolaan sampah, pengelolaan pasar desa, dan simpan pinjam.


"Kami dari Kecamatan Sukasari, Subang ke sini dalam rangka melihat pengelolaan, peningkatan dan kinerja BUMDes. Alhamdulillah saya ke desa (Gondosuli) yang pengelolaan BUMDesnya sangat bagus. Saya salut kepada Pak Kades yang berani berinvestasi dari dana desa untuk membuat usaha berkesinambungan dan menghasilkan PAD desa. Mudah-mudahan ini bisa diterapkan di Sukasari," katanya, ditemui di Kolam Renang Simpleng Tirto Wening Makmur Gondosuli. 

Sekda Hary Agung Prabowo berterimakasih kepada rombongam Kecamatan Sukasari yang bersedia datang ke Kabupaten Temanggung melihat kondisi desa di sini untuk inspirasi seluruh desa di Kecamatan Sukasari. Mereka melihat bagaimana mengelola BUMDes ini dengan baik, bagaimana kepala desa memberikan inovasi yang luar biasa supaya kesejahteraan lebih meningkat. 

"Kita jabarkan bahwa pertanian unggulan Kabupaten Temanggung kecenderungannya adalah tembakau dan kopi. Kopi Arabica dan Robusta Temanggung sudah beberapa kali memenangi kompetisi, seperti di Prancis dan Atlanta. Di Gondosuli misalnya, mereka belajar terkait BUMDes yang berawal dari adanya mata air dan dikembangkan menjadi Kolam Renang Simpleng Tirto Wening Makmur untuk wisata," kata Sekda.(MC.TMG/ary;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top