Iklan Layanan Masyarakat

Joker Manteb Upaya Gaungkan Kembali Kejayaan Pasar Tradisional

Selasa, 02 Agu 2022 18:25:43 163

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupaten Temanggung, Entargo Yutri Wardono memberikan sambutan dalam kegiatan program Joker Manteb (Jogo kebersihan, keamanan, dan ketertiban).


Temanggung, Mediacenter - Guna mengembalikan lagi gaung pasar tradisional Pemerintah Kabupaten Temanggung, menggelorakan program Joker Manteb (Jogo kebersihan, keamanan, dan ketertiban). Hal itu dilakukan di pasar-pasar tradisional yang menjadi pusat perekonomian masyarakat di Kabupaten Temanggung. 

Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupaten Temanggung, Entargo Yutri Wardono, mengatakan, kali ini Joker Manteb digelar di Pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung yang merupakan pusat perekonomian terbesar di Kota Tembakau.  Apel diikuti oleh seluruh elemen di pasar tersebut dan diikuti pula oleh petugas dari dinas terkait. 

"Dengan semakin berkembanganya teknologi dan tuntuan zaman, maka pasar rakyat/tradisional mengalami penurunan omset dikarenakan banyak bermunculan toko modern, bahkan toko online yang sangat mudah diakses masyarakat. Maka kita harus menjaga eksistensi pasar tradisional, sebab menjadi titik ekonomi bagi rakyat," ungkapnya Selasa (2/8/2022). 

Bahkan sebenarnya pasar tradisional memiliki keunggulan antara penjual dan pembeli bisa bertemu langsung ada transaksi, tawar menawar harga. Produk yang dijual pun beragam dan komplit memenuhi hampir semua kebutuhan masyarakat. Hal ini harus dikemas sedemikian rupa agar pasar tradisional semakin ramai pembeli.

"Maka salah satu ikhtiar yang dapat dilaksanakan adalah meningkatkan kebersihan, keamanan dan ketertiban, sehingga akan tercipta rasa nyaman bagi pengunjung pasar. Dengan adanya program Joker Manteb yang berkesinambungan secara rutin dengan kerja bakti  bersama para pedagang diharapkan akan semakin memperindah wajah dan suasana pasar tradisional," katanya. 

Tak hanya soal kebersihan, namun dari segi keamanan juga diperhatikan dengan cara petugas meningkatkan patroli, kontrol di setiap sudut pasar dan berkoordinasi dengan para pedagang. Ke depan diharapkan pasar tradisional bisa menggeliat ramai kembali seperti dulu, serta didukung literasi digital, sehingga kaum milenial nyaman di pasar. 

"Sekarang memang era digital jadi kita sendiri harus menyesuaikan bagaimana caranya agar pasar tradisional bisa masuk jejaring digital juga agar terus eksis. Ya melalui literasi digital. Dengan komitmen bersama InsyaAllah kejayaan pasar rakyat dapat terwujud," tandasnya. (MC.TMG/ary;wll;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top