Iklan Layanan Masyarakat

Gelar Produk UMKM Tlogomulyo, Disertai Slametan Pulung Kencono

Minggu, 10 Sep 2023 14:57:26 430

Keterangan Gambar : Gelar Produk UMKM Tlogomulyo, Disertai Slametan Pulung Kencono


Temanggung, MediaCenter - Bupati Temanggung, HM. Al Khadziq membuka acara Gelar Produk UMKM di Halaman Kecamatan Tlogomulyo, Temanggung, Jumat (8/9/2023) malam.

Kegiatan pembukaan Gelar UMKM ini dihadiri oleh Forkopimcam Tlogomulyo, para Camat sekitar Tlogomulyo, tokoh masyarakat, penggerak seni, dan para pelaku UMKM. 

Bupati menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan bantuan dari Bank Jateng yang berupa tenda, lighting, sound sistem untuk berkeliling menggelar produk UMKM yang ada, dan Kecamatan Tlogomulyo merupakan kecamatan ke-9 yang telah menggelar Gelar UMKM ini. 

"Ini akan menjadi dinamisator agar para pelaku UMKM di suatu kecamatan bisa memamerkan dan menjajakan produk-produknya," kata Bupati. 

Disampaikan juga tujuan dari kegiatan ini adalah agar para produsen dan konsumen bertemu secara langsung, dicontohkan pula apabila terdapat produk yang tidak laku, produsen harus evaluasi dan menerima kritik dari konsumen, agar dapat memperbaiki produknya.

Bupati juga berharap, dalam gelar produk selanjutnya agar memamerkan produk yang lebih beragam, memperbanyak handycraft dan batik, sehingga masyarakat dapat memproduksi kerajinan yang lebih beragam.

Budi Raharjo selaku ketua panitia menjelaskan, kegiatan gelar UMKM ini diikuti oleh 12 desa yang ada di Kecamatan Tlogomulyo yang menampilkan potensi dari desa masing-masing, tidak hanya tembakau lembutan dan kopi, ada juga yang menampilkan batik, dan kerajinan kulit.

Selain gelar UMKM, juga dilaksanakan proses wiwitan atau slametan dengan judul Slametan Pulung Kencono, dengan harapan di tahun 2023 menjadi tahun emas bagi petani tembakau di wilayah Kecamatan Tlogomulyo.

Lukman Sutopo selaku tokoh adat Kecamatan Tlogomulyo menyampaikan, kualitas tembakau saat ini sangat bagus, jamur kuning sudah muncul, aroma wangi.

"Hasil panen dari petani sudah sampai grade f, bahkan ada yang sampai grade g. Karena penanamannya lebih awal, sehingga pertumbuhannya lebih bagus, dan hasilnya berkualitas bagus," tandasnya. (MC.TMG/nov;chy;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top