Iklan Layanan Masyarakat

Gandeng Bulog, Gerakan Pangan Murah Sediakan 5 Ton Beras SPHP Jelang Ramadan

Kamis, 07 Mar 2024 11:34:48 564

Keterangan Gambar : Gandeng Bulog, Gerakan Pangan Murah Sediakan 5 Ton Beras SPHP Jelang Ramadan


Temanggung, MediaCenter – Dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan menjelang Bulan Ramadan 1445 H, Pemkab Temanggung melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) menggelar Gerakan Pangan Murah di Halaman Kantor DKPPP pada Rabu (6/3/2024) pagi.

Gerakan Pangan Murah menyediakan berbagai komoditas hasil pertanian dari beberapa Gapoktan, sembako, olahan makanan, dan juga Pasar Tani Pekarangan (Pastakaran) dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat.

Kepala Bidang Pangan dan Tanaman Pangan (PTP) DKPPP, Sigit Sulistyo Budi menjelaskan, Gerakan Pangan Murah merupakan imbauan dari Presiden Republik Indonesia dan Badan Pangan Nasional (Bapanas) agar setiap daerah dapat menyediakan sembako dengan harga yang terjangkau melalui Gerakan Pangan Murah. 

Dalam Gerakan Pangan Murah tersebut, DKPPP menggandeng Bulog untuk menyediakan beras SPHP dengan harga Rp 54.500 per kemasan ukuran 5 kilogram dengan total pasokan sebesar 5 ton.

“Kegiatan ini dalam rangka membantu masyarakat untuk menyediakan, utamanya pangan strategis, sembilan bahan pokok (sembako) dengan harga yang terjangkau. Hari ini, ada 5 ton beras SPHP yang disediakan oleh Bulog. Satu orang hanya bisa membeli 1 sak, karena antusiasme masyarakat begitu banyak dan agar distribusi beras SPHPnya bisa merata. Bapak Pj. Bupati juga berkomitmen untuk bisa menggelar Gerakan Pangan Murah ini,” jelas Sigit Sulistyo Budi.

Handoko (42), salah satu pengunjung menuturkan, bahwa masyarakat dimudahkan dan diuntungkan dengan adanya Beras SPHP, di saat semua harga masih relatif mahal. Handoko berharap, Gerakan Pangan Murah dapat diselenggarakan lagi, utamanya menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

“Gerakan Pangan Murah sangat meringankan, karena sekarang kan apa-apa harganya mahal. Dengan adanya Gerakan Pangan Murah ini, beras kan kita dimudahkan dan diuntungkan sekali. Terima kasih sekali sudah diadakan gerakan seperti ini. Semoga kedepannya, Gerakan Pangan Murah ini ada lagi dan terus digelar menjelang Lebaran,” pungkasnya. 

Selain beras SPHP, DKPPP juga menyediakan beras lokal dengan harga Rp 14.000 per kilogram, telur ayam ras seharga Rp 29.000 per kilogram, bawang merah karet seharga Rp 12.500 per kilogram, dan minyak goreng ukuran 1 liter dengan harga Rp 14.000. (Nin;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top