Iklan Layanan Masyarakat

DPRD dan Pemkab Bahas Raperda BUMDes, Penyelenggaraan Kota Cerdas dan Perlindungan LH

Rabu, 06 Nov 2023 14:45:07 228

Keterangan Gambar : DPRD dan Pemkab Bahas Raperda BUMDes, Penyelenggaraan Kota Cerdas dan Perlindungan LH


Temanggung, MediaCenter - Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Temanggung, Senin (6/11/2023) membahas penyampaian 3 (tiga) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda).

Raperda tersebut yaitu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), yang merupakan Raperda usulan Pj. Bupati, dan dua Raperda inisiatif DPRD, yaitu Raperda Penyelenggaraan KabupatenTemanggung Cerdas (Raperda inisiatif Komisi A) dan Raperda Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (Raperda inisiatif Komisi B).

Pj. Bupati Temanggung yang diwakili oleh Penjabat Sekda Temanggung Agus Sujarwo, menyampaikan penghargaaan yang setinggi-tingginya kepada DPRD Kabupaten Temanggung yang telah memprakarsai penyusunan dua Raperda.

Raperda BUMDes diusulkan dikarenakan adanya Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa, sehingga Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2016 tentang Badan Usaha Milik Desa sudah tidak sesuai, dan perlu diganti.

“Berdasarkan hal tersebut, kami mengajukan Raperda tentang Badan Usaha Milik Desa, dan Raperda dimaksud sudah melalui proses harmonisasi di Kemenkumham Kanwil Jawa Tengah,” tuturnya.

Selanjutnya, dengan Raperda Penyelenggaraan Kabupaten Temanggung Cerdas diharapkan dapat menciptakan Kabupaten Temanggung yang cerdas dengan melibatkan masyarakat di dunia pendidikan, dunia usaha untuk bersama-sama mengelola daerah, serta sumber dayanya  secara efektif dan efisien.
 
Berkaitan dengan Raperda Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup diharapkan perlindungan, pengelolaan sumber daya alam secara bijaksana dan berkelanjutan dan terukur.

Rapat Paripurna tentang persetujuan atas penyampaian Raperda dipimpin oleh Ketua DPRD Temanggung Yunianto, dihadiri Forkompimda, Pj. Sekda Temanggung, para Wakil Ketua DRPD Temanggung,  para Staf Ahli dan Asisten, para pimpinan Perangkat Daerah, Camat se-Temanggung, Direktur BUMD, serta tamu undangan. (MC.TMG/Konug;Desen;Kokus)

Pencarian:

Komentar:

Top