Iklan Layanan Masyarakat

Dirjen Hortikultura Kementan Panen Bawang Putih di Temanggung

Jumat, 15 Mar 2024 03:20:22 506

Keterangan Gambar : Dirjen Hortikultura Kementan Panen Bawang Putih di Temanggung


Temanggung, Media Center - Direktur Jenderal (Dirjen) Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Prihasto Setyanto panen bawang putih di Desa Kruwisan, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung.

"Temanggung ini memang salah satu wilayah yang oleh Kementan didorong untuk pengembangan bawang putih dan secara historis wilayah ini memang cocok untuk pengembangan budidaya bawang putih," katanya di Temanggung, Kamis (14/3/2024).
 
Ia menyampaikan, sekarang sejauh mata memandang tanaman bawang putih semua. Jadi artinya, selama ada wilayah-wilayah seperti ini memang cocok untuk budidaya bawang putih. 

Di Temanggung, saat ini luas tanaman bawang putih sekitar 700 hektare tersebar di wilayah Gunung Sumbing, Sindoro, dan Prahu.

"Dari data BPS yang ada, sebelumnya rata-rata produktivitas bawang putih di sini sekitar 5-6 tahun lalu 6,3-6,5 ton per hektare. Sekarang sudah naik produktivitasnya, sudah di 7,2-7,3 ton per hektare," jelasnya.

Ia menyampaikan, artinya ada satu perubahan yang secara signifikan dari apa yang sudah diintervensi kerja sama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, sudah dilakukan petani.

"Ini kita lihat bagus ini pertumbuhan bawang putihnya sehat-sehat," imbuhnya.

Ia yang sudah datang ke Temanggung lebih dari 10 kali ini, melihat perubahan-perubahan yang sangat signifikan dari proses budidaya yang dulu tanamannya kecil-kecil, sekarang besar-besar, subur dan buah bawang putihnya ukurannya besar.
 
Menurutnya, hal ini menjadi satu kesempatan yang cukup menjanjikan buat petani, dan kedepan diupayakan semaksimal mungkin agar importasi bawang putih juga dikurangi secara perlahan-lahan.

"Hanya memang itu tadi, kita harus memiliki lokasi-lokasi yang cocok seperti di Temanggung. Ini harus kita identifikasi, dimana lokasinya dan harus kita didik petaninya supaya mau budidaya bawang putih, karena budidaya bawang putih, InsyaAllah cukup menguntungkan," tandasnya. (Fir;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top