Iklan Layanan Masyarakat

Dinkominfo Temanggung Bersiap Canangkan Zona Integritas

Senin, 18 Mar 2024 21:41:42 426

Keterangan Gambar : Dinkominfo Temanggung Bersiap Canangkan Zona Integritas


Temanggung, MediaCenter - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung, Gotri Wijianto Wuriatmojo beserta seluruh staf dan karyawan mengikuti Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang disampaikan langsung oleh Inspektur Inspektorat, Kristri Widodo beserta Tim Pembangunan ZI Irban II pada hari Senin (18/3/2024) bertempat di Aula Dinkominfo Temanggung.

Pelaksanaan Pencanangan Zona Integritas dan Kawasan Bebas dari Korupsi Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) didasarkan pada Permenpan Nomor 90 Tahun 2021 tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Instansi Pemerintah. Adapun target Pencanangan ZI menuju WBK dan WBBM di wilayah Kabupaten ini mencakup seluruh Perangkat Daerah agar dapat memberikan pelayanan yang lebih berkualitas, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Inspektur Inspektorat, Kristri Widodo menyebutkan, bahwa Pencanangan Zona Integritas di Pemerintah Kabupaten Temanggung tahun 2024 ini mulai menggiatkan kembali semangat untuk mendeklarasikan sebagai Zona Integritas dengan berpegang teguh pada tiga pilar ZI, yaitu Reformasi Birokrasi Internal Perangkat Daerah, Upaya Pencegahan Tindak Korupsi, serta Peningkatan Pelayanan Publik.

"Kita sudah kumpulkan semua Kepala OPD bersama Bapak Sekda, dan ada Surat Edaran dari Sekda memang paling lambat di akhir bulan Maret ini semua Perangkat Daerah berlomba-lomba untuk segera mencanangkan Zona Integritas. ZI menjadi penting untuk menyikapi tantangan kedepan. Oleh karena itu, pada tahun 2024 ini akan kita coba lakukan kembali, bagaimana semua Perangkat Daerah menyediakan diri untuk mendeklarasikan, bahwa Dinas kami sekarang sudah Zona Integritas sebagai motivasi bagi diri kita, dan diketahui oleh seluruh stakeholder," ungkapnya.

Selanjutnya, Kepala Dinkominfo Temanggung, Gotri Wijianto Wuriatmojo menegaskan, bahwa pihaknya bersama seluruh pejabat, beserta staf dan Karyawan Dinkominfo berkomitmen untuk segera mencanangkan Deklarasi Zona Integritas dan Kawasan Bebas dari Korupsi yang rencananya akan dilaksanakan pada Kamis (28/3/2024) mendatang.

"Banyak nilai-nilai yang harus kita persiapkan. Benar-benar saya berharap pada rekan-rekan semuanya, mari kita canangkan Zona Integritas menuju WBK. Kita harus berubah, jadi ini dari hati ke hati. Saling asah, asih, asuh, saling mengingatkan. Saya pribadi berusaha berintegritas itu dengan tidak menggunakan kendaraan dinas untuk kepentingan pribadi. Jadi kalau nanti kita sudah mendeklarasikan ZI, utamanya itu kita harus ramah, rapi, jujur, bekerja keras, disiplin, dan bertanggungjawab," tandasnya.

Ditambahkan oleh Ketua Tim Pembangunan ZI Irban II Inspektorat, Yuliana Irawati, pada tahun 2024 ini ditargetkan seluruh OPD dapat mencanangkan Zona Integritas. 

Ia sangat mengapresiasi komitmen dan semangat Dinas Kominfo Temanggung yang bergerak cepat, melakukan aksi nyata dalam rangka Pembangunan Zona Integritas dan Kawasan Bebas dari Korupsi.

"Pencanangan Zona Integritas di Kabupaten Temanggung ini menargetkan sejumlah 26 Perangkat Daerah untuk semuanya melaksanakan pencanangan. Kami berharap agar seluruh OPD di Kabupaten Temanggung dapat mencanangkan Zona Integritas agar pelayanan yang lebih baik dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat. Hingga saat ini, baru ada 9 OPD dari 26 OPD yang telah mendeklarasikan Zona Integritas. Dinas Kominfo ini luar biasa sekali ya, baru pertama kali kita melaksanakan sosialisasi yang dipimpin dan dikawal langsung oleh Kepala Dinas, Bapak Gotri, dari awal hingga akhir dan beliau juga langsung menetapkan tim. Jadi actionnya ada, berarti ini sudah berproses melaksanakan pembangunan ZI," pungkasnya. (Nin;DS2;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top