Iklan Layanan Masyarakat

Dinkominfo: Gunakan dan Manfaatkan TIK Secara Bijak dan Produktif

Minggu, 10 Sep 2023 14:50:04 272

Keterangan Gambar : Dinkominfo: Gunakan dan Manfaatkan TIK Secara Bijak dan Produktif


Temanggung, MediaCenter - Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) kembali melakukan kunjungan dalam rangka Sosialisasi dan Edukasi: Bijak Berinternet dan Memanfaatkan Teknologi Informasi kepada pelajar di SMP Negeri 1 Kledung dan SMP Negeri 2 Kledung, Temanggung, Kamis (7/9/2023). 

Dalam kesempatan tersebut, Analis Data dan Informasi Dinkominfo, Akhmad Safiyudin, memberikan informasi terkait data-data dan kondisi terkini masyarakat dalam menggunakan dan memanfaatkan internet. 

"Dengan berkembangnya teknologi dan informasi yang masif, kita perlu tahu dan paham aturan main dalam berselancar di dunia siber. Indonesia memiliki regulasi khusus, yaitu Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), ini yang mengatur kegiatan kita, batasan-batasan apa yang harus kita lakukan di dunia maya. Karena jika kita melanggar aturan mainnya, ada hukuman yang bisa menjerat, yaitu bisa hukum pidana ataupun denda," jelas Akhmad Safiyudin. 

Perkembangan teknologi informasi yang kian berkembang pesat saat ini pun tidak lepas dengan adanya jejak digital yang bisa diakses oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Ia juga berpesan kepada pelajar untuk dapat menerapkan etika dalam bermedia sosial, salah satunya menggunakan bahasa yang baik, tidak mengandung SARA, maupun kata-kata yang kotor. 

"Yang perlu menjadi perhatian bagi teman-teman semuanya adalah berhati-hatilah dalam menjalankan aktivitas di media sosial. Karena apa? Jejak digital itu akan sangat susah dihilangkan. Kembali lagi, prinsip internet dan media sosial ini adalah dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Sehingga ayo, selalu gunakan bahasa-bahasa yang baik, tidak mengandung SARA, tidak bermuatan ujaran kebencian, dan gunakan media ini untuk hal-hal yang positif, yang mendukung prestasi teman-teman semuanya," tandasnya. 

Selain memberikan informasi dan edukasi kepada pelajar, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan kuis interaktif dengan hadiah merchandise menarik yang disupport oleh Perumda BPR Bank Pasar Kabupaten Temanggung. (MC.TMG/nin;sv;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top