Iklan Layanan Masyarakat

Diharapkan Bumi Kembali Hijau dan Lingkungan Lebih Lestari dengan Konservasi Lahan

Jumat, 31 Des 2021 12:31:21 641

Keterangan Gambar : Pemerintah Kabupaten Temanggung melaksanaan penanaman pohon konservasi lahan di kaki Gunung Sindoro, yaitu di Kawasan Wisata Alam Sewu, Giripurno, Kecamatan Ngadirejo, Jumat (31/12/2021)


Temanggung, Media Center - Pemerintah Kabupaten Temanggung melaksanaan penanaman pohon konservasi lahan di kaki Gunung Sindoro, yaitu di Kawasan Wisata Alam Sewu, Giripurno, Kecamatan Ngadirejo, Jumat (31/12/2021)

Bupati Temanggung, HM Al Khadziq mengatakan, bahwa tidak kurang dari 500 ribu bibit pohon disiapkan untuk ditanam di kaki-kaki Gunung Sumbing, Sindoro dan Prahu oleh para relawan Temanggung yang berjumlah lebih dari 1000 orang.

"Penanaman pohon ini kita lakukan mengingat degradasi lingkungan hidup di Kabupaten Temanggung, khususnya di lereng Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan Gunung Prahu begitu cepat, sehingga menimbulkan ancaman berbagai bencana, seperti erosi, tanah longsor dan menurunnya debit mata air di ketiga gunung tersebut," ungkapnya.

Oleh karena itu, dengan melakukan konservasi tersebut, diharapkan bumi akan kembali hijau dan lingkungan lebih lestari lagi.

Bupati menambahkan, untuk tahap awal ini lokasi yang prioritas dihijaukan adalah di tabir-tabir jurang, di turus-turus sungai, hulu sungai dan tanah-tanah tandus yang tidak bisa ditanami oleh penduduk. Selain ditempat tersebut, Bupati meminta untuk seluruh Pemerintah Desa di Kabupaten Temanggung untuk melaksanakan konservasi dengan menanam pohon di turus-turus jalan antar desa, antar dusun, jalan-jalan antar usaha tani hingga batas-batas tanah desa.

"Gerakan ini akan berjalan secara kontinyu dari tahun ke tahun dan saya harap seterusnya masyarakat Temanggung akan punya kesadaran untuk merawat bumi secara lebih baik lagi,"pungkasnya. (MC TMG/Chy;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top