Iklan Layanan Masyarakat

Desa Kembangsari Jadi Lokasi TMMD Sengkuyung Tahap I TA 2023

Rabu, 10 Mei 2023 15:43:11 353

Keterangan Gambar : Desa Kembangsari Jadi Lokasi TMMD Sengkuyung Tahap I TA 2023


Temanggung, MediaCenter - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap I Tahun Anggaran (TA) 2023 resmi dibuka pada Rabu (10/5/2023), berlokasi di Desa Kembangsari, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung. Dengan tema “Sinergitas Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI – Rakyat Semakin Kuat”, TMMD Sengkuyung Tahap I TA 2023 akan dilaksanakan selama 30 hari kedepan sampai dengan 8 Juni 2023. 

Adapun sasaran kegiatan fisik berupa rabat beton sepanjang 825 meter dan sasaran pendamping berupa rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 3 unit. Adapun sasaran non fisik berupa penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan dari Kodim 0706 Temanggung, sosialisasi Undang-Undang Lalu Lintas dan Kenakalan Remaja dari Polres Temanggung, pelayanan KB dan penundaan usia perkawinan dari DPPPAPPKB, sosialisasi stunting dari Dinas Kesehatan dan sosialisasi Undang-Undang Perkawinan dari Kemenag Kabupaten Temanggung, sosialisasi bahaya kebakaran dari Damkar Kabupaten Temanggung, serta peningkatan kemampuan perangkat desa dari Dinpermades Kabupaten Temanggung. Adapun total anggaran pada pelaksanaan TMMD tersebut sejumlah 650 juta rupiah yang terdiri dari APDB Provinsi Jawa Tengah sejumlah 245 juta rupiah, APBD Kabupaten Temanggung sejumlah 330 juta rupiah dan Dana Desa sejumlah 75 juta rupiah.

Bupati Temanggung HM. Al Khadziq mengatakan, bagi masyarakat di desa-desa, TMMD menjadi salah satu sumber pembiayaan pembangunan yang mungkin selama ini belum bisa tercukupi, baik oleh APBD kabupaten maupun oleh Dana Desa, sehingga banyak desa-desa mengantri untuk mendapatkan program TMMD, karena dengan program ini desa mendapat pembiayaan, baik dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi, dari TNI, juga dari berbagai pihak yang dikerjasamakan lainnya. Sehingga dengan cara itu desa-desa bisa mencukupi kebutuhan, baik pembangunan infrastruktur, RTLH, dan pelayanan-pelayanan sosial lainnya.

”Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Dandim dan seluruh jajaran TNI atas kepeduliannya dalam membantu masyarakat desa untuk membangun desanya. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Kembangsari, dengan harapan semoga program ini bermanfaat untuk kepentingan seluruh masyarakat,” kata Bupati.

“Program TMMD juga sangat bermanfaat dalam hal membangun sinergitas antara TNI dengan rakyat.  Masyarakat desa sangat senang dengan hadirnya TNI, menginap di desa selama pelaksanaan kegiatan ini dan interaksi itu menumbuhkan rasa percaya diri masyarakat desa, bahwa kita punya TNI yang kuat, TNI yang dicintai oleh rakyat dan masyarakat desa pun jiwa nasionalisme, wawasan kebangsaannya juga bisa terus terbina dengan baik,” pungkasnya. (MC.TMG/sv;wll;ekp)

Komandan Kodim 0706 Temanggung Letkol Inf Denver MH Napu berharap, dengan kegiatan TMMD tersebut dapat meningkatkan semangat kegotongroyongan di masyarakat.

“Jalan beton sebagai menghubungkan desa diharapkan dapat meningkatkan  ekonomi dan memperpendek jarak yang selama ini memutar jauh, sekarang lebih dekat dan lebih cepat. Selanjutnya apa yang kita kerjakan bersama-sama ini dapat dirawat bersama-sama sehingga masa penggunaannya bisa lebih lama,” imbuhnya. (sv;wll;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top