Iklan Layanan Masyarakat

Dapat Apresiasi dari Tim Penilai, Temanggung Harapkan Raih Juara 1 PPD Nasional

Kamis, 21 Mar 2024 07:32:59 494

Keterangan Gambar : Dapat Apresiasi dari Tim Penilai, Temanggung Harapkan Raih Juara 1 PPD Nasional


Temanggung, MediaCenter - Memasuki hari kedua Penilaian Tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Nasional Tahun 2024, Pj. Bupati Hary Agung Prabowo, beserta seluruh jajaran stakeholder, serta Tim Penilai Utama dan Tim Penilai Independen berkeliling melakukan Verifikasi Lapangan (Verlap) mulai pukul 02.00 WIB di Pasar Pagi Gemawang, Pasar Pintar Bansari, dan Pasar Legi Parakan, Rabu (20/03/2024). 

Tim Penilai dari Kementerian PPN Bappenas mengaku, bahwa baru kali ini melakukan penilaian verlap yang dimulai dini hari. Hal tersebut, dikarenakan aktivitas perekonomian Pasar Pagi Gemawang dilaksanakan pada waktu sebelum memasuki subuh. 

Ketua Tim Penilai PPD Tahap II, Taufik Hanafi menyatakan, bahwa Pasar Pagi Gemawang merupakan program inovasi yang dapat melibatkan masyarakat untuk berperan aktif secara langsung. Inovasi ini juga dapat dirasakan oleh masyarakat dan mampu mengentaskan dari kemiskinan. 

"Pagi ini, kami bersama Pak Bupati, Pak Dandim, Kades, dan seluruh jajaran dari Kementerian PPN Bapenas, kami melakukan kunjungan ke Pasar Pagi Gemawang dan kami menyaksikan bagaimana kegiatan Pasar Pagi ini yang melibatkan penduduk setempat untuk bisa berpartisipasi aktif dalam kegiatan ekonomi. Ini merupakan salah satu program inovasi dan unggulan dari Kabupaten Temanggung yang kita kunjungi, sekaligus memverifikasi apa yang telah didiskusikan dalam pertemuan pagi hingga siang. Alhamdulillah, kita bisa berdialog langsung dengan para pedagang mengenai kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan di pagi hari ini. Kegiatan ini benar-benar bisa membantu perekonomian keluarga yang kurang mampu dan bahkan dapat mengentaskan dari kemiskinan. Sekali lagi, kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pak Bupati dan seluruh jajarannya atas inovasi program yang sangat inovatif ini," ungkap Taufik Hanafi. 

Setelah mengunjungi Pasar Pagi Gemawang, Pj. Bupati beserta rombongan Tim Penilai PPD melanjutkan verlap ke Pasar Pintar Bansari, menilik greenhouse pembibitan Melon Korea yang berada di Desa Banaran, Kecamatan Bansari. Greenhouse tersebut telah menggunakan perkembangan teknologi yang terintegrasi. 

Rombongan Tim Penilai PPD kemudian juga mengunjungi Pasar Legi Parakan yang mengunggulkan inovasi pengelolaan pasar dan one stop service atau pelayanan publik secara inklusif. Dengan adanya inovasi tersebut, Tim Penilai PPD merasa kagum dan mengapresiasi inovasi-inovasi yang telah nyata dilakukan di Kabupaten Temanggung. 

"Kemarin kita lebih banyak mendapatkan testimoni penjelasan, hari ini kita mengecek apakah testimoninya itu sama dengan kebenarannya. Alhamdulillah, ternyata hari ini lebih dari sekadar sama. Inovasi Pasar ini, tadi pagi kami melakukan dialog dengan Camat, Kades, para pendamping pembangunan, dan para pedagang, yang informasinya kami dapatkan, yaitu rata-rata para pedagang yang ikut dalam Pasar Pagi Gemawang itu mendapatkan keuntungan sekitar dua ratus ribu rupiah per hari. Termasuk para pedagang di Pasar Legi Parakan tadi, beberapa gambar kami kirim ke grup Tim Penilai Utama dan Independen, komentarnya adalah pasarnya kok bersih sekali. Di Pasar itu juga ada pelayanan publik one stop service, jadi ini termasuk inovasi yang luar biasa," ungkap Taufik Hanafi. 

Ketua Tim Penilai PPD Tahap II, Taufik Hanafi, tak lupa berpesan kepada Pemerintah Kabupaten Temanggung untuk terus menciptakan ide-ide inovasi yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Temanggung pada khususnya. 

"Pesan kami adalah terus melakukan inovasi di Kabupaten Temanggung ini, terutama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tandasnya. 

Pj. Bupati Hary Agung Prabowo yang mendampingi Tim Penilai PPD Tahap II mengucapkan syukur atas apresiasi dan kesan kagum yang diberikan oleh Tim Penilai. Pj. Bupati berharap, agar Kabupaten Temanggung mampu menjadi juara 1 PPD Tingkat Nasional. 

"Selama dua hari ini, Tim Penilai sudah hadir di sini, yang pertama kemarin diskusi untuk menyaring dan menjaring semua informasi yang didapat dan sudah kami sampaikan semuanya. Kemudian yang kedua, hari ini adalah verifikasi lapangan, hasil diskusi kemarin apakah sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. Ternyata Tim Penilai menyatakan lebih dari itu, syukur alhamdulillah. Sekali lagi saya berharap, semoga Temanggung bisa tetap menjadi juara satu. Itu harapan kami, mudah-mudahan dikabulkan oleh Allah SWT," harap Pj. Bupati sebelum memberikan cinderamata kepada Tim Penilai. (Nin;Chy;Wll;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top