Iklan Layanan Masyarakat

Dandim Temanggung Minta Semua Babinsa Hadir di Tengah Masyarakat

Selasa, 11 Jun 2024 10:46:17 109

Keterangan Gambar : Dandim Temanggung Minta Semua Babinsa Hadir di Tengah Masyarakat


Temanggung, MediaCehter - Dandim 0706/Temanggung Letkol Inf Sriyono secara tegas meminta semua Babinsa untuk melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar-benar hadir di tengah masyarakat. Keberadaan mereka sebagai ujung tombak bagi TNI AD di masyarakat sangat penting bagi bangsa dan negara. 

"Perintah sudah jelas, bahwa para Babinsa itu harus benar-benar hadir di tengah-tengah masyarakat. Koordinasinya dengan para kepala desa dan perangkat desa, semua harus dikenal," ujarnya di sela-sela acara Silaturahmi Tiga Pilar di Aula Desa Badran, Kecamatan Kranggan, Senin (10/6/2024). 

Babinsa atau Bintara Pembina Desa ibarat satuan teritorial terdepan TNI AD, sebab perannya langsung berhadapan dengan masyarakat. Tak jarang Babinsa ini mampu menyelesaikan persoalan di tingkat bawah dan tak segan membantu rakyat. 

Babinsa juga berperan melakukan pembinaan teritorial, sehingga hubungan yang terjalin dengan masyarakat bisa sangat erat. Kolaborasi dengan Bhabinkamtibas dan kepala desa diharapkan dapat menciptakan keamanan di tengah masyarakat, sehingga semua permasalahan di wilayah dapat diselesaikan dengan baik dan suasana menjadi kondusif. 

Lebih jauh perwira dengan dua melati di pundaknya ini menjelaskan, bahwa tidak bisa Babinsa hanya kenal kepala desanya saja, tapi tidak pernah berkeliling di desa. Bahkan, harus mengenal warga desa beserta seluk beluk kehidupan atau dinamika yang terjadi di masyarakat. 

"Pesan kami harus tetap sinergi di bawah, kalau ada Babinsa yang kurang aktif ke desa laporkan saja. Harus pesiar ke Pak RT, Pak RW. Kondisi di wilayah itu bagaimana Babinsa harus tahu, bantu kepala desa. Contohnya harus tahu warga mana saja yang layak dapat bantuan, kemudian terkait ketahanan pangan harus rajin-rajin mengecek sawah, melihat irigasi," tandas Damdin.(ary;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top