Iklan Layanan Masyarakat

Cukupi Kebutuhan Kursi Roda, Dinsos Temanggung Jalin Kerjasama dengan OHANA

Thursday, 01 Mar 2018 15:21:00 755

Keterangan Gambar : Cukupi Kebutuhan Kursi Roda, Dinsos Temanggung Jalin Kerjasama dengan OHANA


Temanggung, MediaCenter  - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Temanggung menjalin kerjasama dengan Perhimpunan Organisasi  Handicap Nusantara (OHANA) untuk membagikan kursi roda gratis kepada penyandang disabilitas sejak tahun 2017.

Hal ini diungkapkan oleh Ponco Marbagyo selaku Kepala Seksi Rehabilitasi Penyandang Disabilitas, Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang Dinas Sosial Kabupaten Temanggung.  Program ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerjasama yang telah dilakukan oleh pihak Dinsos dan OHANA.

Menurut Ponco,  kerjasama ini dilakukan karena keterbatasan anggaran dari APBD yang belum dapat mencukupi kebutuhan. Pada tahun 2017 kemarin, sebanyak 56 permintaankursi roda belum dapat terpenuhi, sedangkan pada tahun 2018 ini Dinsos hanya mendapatkan alokasi anggaran sebanyak 40 kursi roda standard dari APBD.  Adapun bantuan kursi roda dari  OHANA untuk tahun 2018 ini sebanyak 23 kursi roda

Sesuai spesifikasinya kursi roda yang diberikan dikhususkan untuk anak – anak dan untuk keperluan terapis. “Kursi roda yang diberikan ini berbeda dengan kursi roda yang sifatnya standard, sedangkan kursi roda ini memang dikhususkan untuk anak – anka yang dengan tujuan anak – anak masih akan mengalami perkembangan,”  jelas Ponco saat ditemui di Kantor Dinsos Kabupaten Temanggung, Rabu (28/2).

Masih menurut Ponco, bagi penyandang disabilitas yang mendapatkan bantuan kursi roda tersebut, kedepannya akan dipantau perkembangannya oleh pihak Dinsos. Selanjutnya juga akan dilakuakan monitoring evaluasi dalam jangka waktu 6 bulan hingga 1 tahun. “Nanti akan kita pantau perkembangannya, karena anak- anak ini penerus bangsa dengan kondisi yang mungkin disandang pada saat ini itu tidak menjadi penghalang nantinya untuk menjadi tunas – tunas bangsa,” terangnya.

Ponco mengaku selain bekerjasama dengan OHANA, pihaknya juga bekerjasama dengan berbagai gerakan sosial seperti Gerakan Mari Berbagi, Sedekah Rombongan serta berbagi Info Temanggung. Harapannya dengan langkah tersebut akan dapat memenuhi permintaan kebutuhan.

Seorang warga Desa Karangedong Ngadirejo Temanggung Sugiati (47)  mengaku sangat berterimakasih dan senang mendapatkan bantuan kursi roda untuk anaknya yang telah berusia 10 tahun. Setelah terpeleset saat sekolah, hingga saat ini anaknya belum bisa berjalan.  “Saya mengetahui bantuan kursi roda ini dari bidan desa mbak, saya senang sekali karena anak saya tidak bisa jalan selama satu tahun terakhir ini’ tuturnya. (MC TMG / Penulis : Ria / Foto : Coeplist / Editor : Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top