Iklan Layanan Masyarakat

Cold Brew Wine Kopi Dingin Ala Temanggung

Thursday, 06 Apr 2017 12:00:00 2202

Keterangan Gambar : Cold Brew Wine Kopi Dingin Ala Temanggung


Temanggung, MediaCenter -  Menikmati kopi kini bisa melalui berbagai cara. Ada yang diseduh dengan air panas sebagaimana dilakukan sebagian masyarakat, dan ada pula dengan bentuk kembang gula. Belakangan muncul kopi jenis cold brew wine coffee, yakni kemasan kopi dingin, yang dikemas dalam botol. Produk baru itu yang sekarang tengah ditekuni Tosiani (30),warga Perumahan Villa Asri Madureso Temanggung.

Kata Tosiani, cold brew wine coffe mutlak menggunakan bahan baku kopi lokal asal Temanggung. Diracik atas dua jenis, yakni arabika natural wine dan arabika natural honey.

“Berbeda dengan kopi pada umumnya yang diracik menggunakan air panas, proses pembuatan cold brew wine coffe justru menggunakan air dingin dengan metode fermentasi,’’ kata Tosi-sapaan akrab-Tosiani, Selasa (4/4).

Biji kopi jenis arabika yang telah dikupas dibungkus dalam wadah plastik selama satu minggu. Setelah itu dijemur sampai kering. Tahap ini dilakukan secara berulang-ulang selama 50 hari sampai mengeluarkan aroma dan cita rasa wine.

Proses selanjutnya adalah roasting atau menyangrai, sehingga warnanya  berubah menjadi hitam. Kemudian  ditumbuk (blanded) hingga menjadi bubuk halus. Bubuk itu kemudian direndam dalam air selama 5 hari. Setelah itu, barulah air dan ampas kopi dipisahkan dengan cara disaring menggunakan kain berpori kecil. Air inilah kemudian dimasukkan ke dalam kulkas untuk proses pendinginan.

Cold brew wine coffe karya Tosi ternyata sudah banyak penggemarnya. Produk ini sudah beredar tak hanya di wilayah Jawa Tengah, namun sudah sampai luar kota. Seperti Bandung, Jogjakarta, Jakarta, Kalimantan, Sumatera, Bali, Ambon dan Palu Sulawesi. Menurut keterangan Tosi, minuman yang dibanderol perbotol Rp25.000 hingga Rp30.000 dengan menyesuaikan jarak pengiriman (paketan) itu, dalam sebulan bisa laku 200 botol. (MC TMG/Ara)

Pencarian:

Komentar:

Top