Iklan Layanan Masyarakat

Bupati Temanggung Berbagi Praktik-Praktik Cerdas Membangun Daerah

Jumat, 25 Sep 2020 15:16:37 680

Keterangan Gambar : Bupati Temanggung H.M Al Khadziq Berbagi Praktik-Praktik Cerdas Membangun Daerah 2020 dalam Forum Musrenbangnas dan RKP 2020, Kamis (24/9/2020).


Temanggung, MediaCenter - Bupati Temanggung menjadi narasumber Sharing Praktik-Praktik Cerdas Pembangunan Daerah 2020 dalam Forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) melalui Zoom Meeting, Kamis (24/9/2020).

Acara yang dibuka oleh Dr. Ir. Taufik Hanafi selaku Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Bappenas juga dihadiri oleh narasumber yang lain, yakni Bupati Poso serta Bupati Bangka serta diikuti oleh seluruh Bappeda provinsi/kabupaten/kota se-Indonesia.

Taufik Hanafi menyampaikan, knowledge sharing Pembangunan Daerah Tahun 2020 dilaksanakan untuk berbagi praktek-praktek cerdas pembangunan dari daerah.

“Pengalaman-pengalaman yang sangat baik itu tidak hanya dimiliki oleh daerah-daerah yang berhasil melaksanakannya, tetapi juga kita menyebarluaskan, bagaimana pengalaman-pengalaman baik ini bisa dibagikan, bisa diketahui dan disebarluaskan ke daerah-daerah yang lain yang memiliki tantangan dan permasalahan yang berbeda-beda,” ungkap Taufik.

Bupati Temanggung H.M Al Khadziq menyampaikan,  Kabupaten Temanggung merupakan kabupaten  yang dikelilingi kabupaten-kabupaten lain yang potensinya kurang lebih sama, karena sama-sama daerah pegunungan dengan pemandangannya yang bagus dan karakter dan budaya masyarakatnya yang  hampir sama. Untuk bisa memiliki keunggulan dibanding kabupaten lainnya membutuhkan pemikiran yang serius agar betul-betul mempunyai keunggulan dibanding yang lain.

“Persaingan antar daerah ini adalah sesuatu yang niscaya, dan ini sesuatu yang baik karena kalau antar daerah saling bersaing, berkompetisi, maka setiap ada kompetisi pasti akan memunculkan inovasi, pasti akan memunculkan kreasi-kreasi baru,” ungkap Bupati. 

Bupati menyampaikan, kunci dari sebuah kreatifitas adalah pemerintah membuka diri dan menyerap gagasan-gagasan yang ada di masyarakat. 

“Kuncinya adalah, pemerintah menyambungkan saja antara ide-ide kreatif masyarakat dengan perencanaan dan program yang ada di pemerintah,” tambah Bupati.

Bupati menambahkan, Pemerintah Kabupaten Temanggung menyerap semua gagasan, ide-ide kreatif masyarakat yang diwujudkan dalam program-program pemerintah dengan prinsip kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat, bersama-sama membangun Kabupaten Temanggung kedepan yang lebih maju. (MC TMG/Humas;Safi;Ekape).

Pencarian:

Komentar:

Top