Iklan Layanan Masyarakat

Bupati Minta Pemerintah Pusat Turun Tangan Atasi Anjloknya Harga Tembakau

Jumat, 18 Sep 2020 21:41:44 808

Keterangan Gambar : Bupati Temanggung HM Al Khadziq


Temanggung, MediaCenter-Bupati Temanggung, HM Al Khadziq, hari ini Jumat (18/9) meminta pemerintah pusat turun tangan mengatasi masalah penjualan tembakau yang tidak menguntungkan petani lokal.
 
Bupati menyurati Menko Perekonomian RI dan Menteri Perindustrian RI, meminta agar pemerintah pusat mendorong pabrik-pabrik rokok untuk mempercepat penyerapan tembakau dari petani Temanggung, karena saat ini banyak panenan tembakau masih menumpuk di tingkat petani, pengepul, dan pedagang lokal lantaran lambat terserap.
 
“Karena ini menyangkut industri rokok nasional, dan karena ini menyangkut kepentingan recovery ekonomi petani yang sedang terpuruk akibat pandemi, maka kami memohon Bapak Menteri Perindustrian dan Bapak Menteri Koordinator Perekonomian untuk turun tangan melakukan pembinaan kepada dunia industri agar menyerap habis tembakau dari petani,” katanya.
 
Bupati juga meminta kementerian mendorong agar pabrik rokok membeli tembakau Temanggung sampai habis hingga akhir musim panen, dengan harga yang pantas sesuai dengan kualitasnya yang tinggi.
 
Selain itu kementerian juga diminta mendorong revisi besaran kenaikan cukai rokok kretek yang disinyalir merupakan salah satu penyebab jatuhnya harga tembakau di tahun ini.
 
Bupati Temanggung mengatakan, langkahnya meminta kementerian untuk turun tangan mengatasi anjloknya harga tembakau ini dikarenakan salah satu penyebab jatuhnya harga tembakau lokal karena pihak industri terkesan cenderung  mengurangi volume penyerapan, dan cenderung lambat menyerap tembakau lokal. Hal ini dimungkinkan karena dampak Covid-19 dan juga dampak  kenaikan cukai rokok.
 
Menurut Bupati, dalam waktu dekat pihaknya juga akan menemui kedua menteri tersebut untuk menyampaikan berbagai keluhan petani Temanggung terkait dengan anjloknya berbagai komoditas pertanian dan perkebunan di masa pandemi seperti tembakau, bawang putih, sayur mayur, dan lain-lain.
 
Selama ini berbagai langkah telah dilakukan Pemkab Temanggung, seperti terus mendorong perwakilan pabrik segera menyerap tembakau petani, membina para pedagang dan petani agar menjalankan praktek perdagangan tembakau yang sehat, serta terus berkomunikasi dengan direksi pabrik-pabrik rokok yang selama ini membeli tembakau Temanggung, agar mereka segera menyerap tembakau dengan harga yang pantas.
 
Namun dari berbagai langkah tersebut belum tampak ada perubahan keadaan, sehingga Bupati meminta pemerintah pusat ikut turun tangan.
 
Bupati berharap, langkahnya kali ini meminta pemerintah pusat turun tangan diharapkan dapat merubah keadaan, sehingga petani tembakau dapat tertolong kondisinya sebelum masa panen ini berakhir. (MC.TMG/Istimewa)

Pencarian:

Komentar:

Top