Iklan Layanan Masyarakat

Bupati: Jalankan Ibadah Secara Kyusuk agar Menjadi Haji yang Mabrur dan Mabruroh

Senin, 29 Mei 2023 15:04:49 251

Keterangan Gambar : Bupati: Jalankan Ibadah Secara Kyusuk agar Menjadi Haji yang Mabrur dan Mabruroh


Temanggung, Media Center - Bupati Temanggung, HM. Al Khadziq beserta Forkopimda Temanggung melepas keberangkatan Jemaah Haji Kabupaten Temanggung Tahun 2023/1444 H Kloter 19 yang berlangsung di Pendopo Pengayoman Temanggung, Senin (29/05/2023).

Bupati menyampaikan, Pemkab Temanggung menugaskan tim pendamping haji, baik dari segi pendamping ibadah dan pendamping kesehatan untuk mengawal jemaah haji dari Kabupaten Temanggung pada tahun 2023 yang berjumlah 653 jemaah dari kloter 18 - 20, dan 75% didominasi oleh lansia, yang keberangkatannya tertunda akibat pandemi. 

Pendampingan dan pengawalan yang intens bagi jemaah haji lansia, seperti yang dikatakan Bupati menjadi perhatian khusus Pemkab Temanggung. 

Jemaah lansia yang baru pertama kali bepergian ke luar negeri agar tidak kesulitan dan terpantau nantinya di tanah suci, sehingga bisa menjalankan ibadah wajib, maupun sunnah dengan khusyuk dan menjadi haji yang mabrur dan mabruroh.

“Mengingat jemaah haji ini adalah lansia, maka kami menugaskan tim pendamping haji, baik pendamping ibadah, maupun kesehatan, kami pilihkan yang muda-muda agar bisa mengawal jemaah haji di Kabupaten Temanggung ini supaya berangkat sehat, pulang juga sehat. Semua bisa menjalankan, baik sunnah, maupun wajib dengan khusyuk dan nanti pulang dalam keadaan mabrur dan mabruroh,” ungkap Bupati.

“Dan memang kebanyakan jemaah haji ini adalah orang dari desa-desa yang ada di Kabupaten Temanggung, yang mungkin baru pertama kali bepergian ke luar negeri, sehingga memang membutuhkan pendampingan dan pengawalan yang intens selama nanti di tanah suci,” imbuhnya. 

Selanjutnya, Bupati menjelaskan, terdapat beberapa jemaah haji yang terpaksa akhirnya tidak dapat berangkat akibat terjadinya kenaikan biaya haji yang cukup tinggi pada tahun 2023.

"Saya berharap, semoga jemaah haji yang gagal berangkat pada tahun ini, karena alasan belum bisa memenuhi kewajiban tambahan biaya haji, semoga bisa berangkat tahun depan dan semoga Kementerian Agama memberikan kebijakan agar dapat berangkat di tahun yang akan datang," harap Bupati.

Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Yunianto menambahkan, dengan penuh haru dan doa melepas jemaah haji dari kloter 18-20 untuk berangkat ke tanah suci Makkah. Yunianto berharap, kepada jemaah haji agar selalu diberikan keselamatan, kelancaran, kekuatan, dan kesehatan, sehingga nantinya pulang kembali ke Kabupaten Temanggung dapat menjadi haji yang mabrur dan mabruroh. (MC.TMG/wll;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top