Iklan Layanan Masyarakat

Bupati Hadiri Final Lomba Basa Temanggungan dan Gelar UMKM

Kamis, 24 Nov 2022 12:13:43 129

Keterangan Gambar : Bupati Temanggung, HM. Al Khadziq menyampaikan apresiasi penyelenggaraan kegiatan Lomba Basa Temanggungan dalam rangka HUT ke-188 Kabupaten Temanggung, Rabu (23/11/2022) malam.


Temanggung, MediaCenter - Pemerintah Kabupaten Temanggung menggelar Lomba Basa Temanggungan dan Gelar UMKM bertempat di Alun-Alun Temanggung, City Walk, serta Pendopo Pengayoman, Rabu (23/11/2022) malam.

Bupati Temanggung, HM. Al Khadziq dalam sambutannya menyampaikan apresiasi penyelenggaraan kegiatan Lomba Basa Temanggungan dalam rangka HUT ke-188 Kabupaten Temanggung.

"Maturnuwun, Alhamdulillah, Lomba Basa Temanggungan dalam rangka HUT Kabupaten Temanggung ingkang kaping 188 sampun tingkas, sampun wonten juara-juaranipun, maturnuwun para peserta, dewan juri, ugi sedaya masyarakat Temanggung ingkang tansah nguri-uri basa Temanggung asli. (Terimakasih, Alhamdulillah, Lomba Basa Temanggungan dalam rangka HUT ke-188 Kabupaten Temanggung sudah selesai, sudah ada juara-juaranya. Terima kasih kepada para peserta, dewan juri, dan seluruh masyarakat Temanggung yang telah menjaga bahasa asli Temanggung)," ungkap Bupati dalam basa Temanggungan.

Bupati lanjut menjelaskan, bahwa kegiatan lomba memang diselenggarakan oleh Pemkab Temanggung agar dapat melestarikan bahasa asli Kabupaten Temanggung. 

"Amargi basa Temanggung punika bahasanipun khas, bahasanipun boten wonten sanes e, saking Sabang sampai Merauke. (Karena Basa Temanggungan bahasanya khas, tidak ada yang lain, dari Sabang sampai Merauke)," lanjutnya. 

Bupati juga menyampaikan harapan, ke depannya agar lomba Basa Temanggungan ini bisa lebih besar lagi, dengan peserta yang lebih banyak. Di samping itu, Bupati menyarankan agar masyarakat dapat terus menggunakan Basa Temanggung dalam kehidupan sehari- hari dalam setiap aktifitas.

"InshaAllah langkung sae, langkung berbudhaya, langkung cocok kalian manah kula lan panjenengan sedaya. (InshaAllah tambah bagus, tambah berbudaya, tambah cocok dengan yang saya dan semua rasakan)," tandasnya.

Kegiatan lomba menampilkan 12 orang finalis Lomba Basa Temanggungan untuk tampil dan dinilai oleh dewan juri.

Kegiatan tersebut juga dimeriahkan oleh berbagai macam penampilan kesenian, kreasi masyarakat, fashion show batik, dan flash mob.

Selain dapat menyaksikan penampilan 12 finalis Lomba Basa Temanggungan, masyarakat juga dapat berkunjung dan berbelanja pada Gelar UMKM yang diselenggarakan di City Walk Alun-Alun Temanggung dan Pendapa Pengayoman. (MC.TMG/adi;ekn;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top