Iklan Layanan Masyarakat

Bupati Buka Bimtek LPMD se-Kabupaten Temanggung.

Selasa, 23 Nov 2021 17:21:54 914

Keterangan Gambar : Bupati Temanggung memberikan Sambutan Kepada Peserta Bimtek LPMD Se- Kabupaten Temanggung, Selasa (23/11/2021)


Temanggung, Media Center - Bupati Temanggung HM Al Khadziq membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) se-Kabupaten Temanggung yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Temanggung, bertempat di Graha Bhumi Phala, Komplek Sekretariat Daerah Kabupaten Temanggung, Selasa (23/11/2021). 

Kadinpermades, Gema Artisti Wahyudi, Ketua DPRD Kabupaten Temanggung, Yunianto, dan peserta Bimtek LPMD turut hadir dan mengikuti kegiatan tersebut. 

Bupati dalam sambutannya, menyampaikan bahwa terdapat nilai penting yang tidak bisa digantikan oleh peran LPMD, yaitu menggerakkan masyarakat. Bupati mengungkapkan, pemberdayaan LPMD harus dilakukan guna meningkatkan kemampuan dan kapasitas untuk menggerakkan partisipasi masyarakat desa dalam pembangunan di desa. 

“Ada peran penting LPMD yang tidak bisa tergantikan, yaitu dalam menggerakan masyarakat. Saya rasa memang LPMD di seluruh Kabupaten Temanggung harus terus kita berdayakan agar punya kemampuan dan kapasitas untuk menggerakkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan di desa,” kata Bupati.

Kegiatan tersebut terbagi menjadi dua gelombang, terdiri dari 10 kecamatan pada gelombang pertama dan 10 kecamatan untuk hari berikutnya. Adapun tujuan Bimtek adalah memberikan edukasi dan sosialisasi terkait tugas Ketua LPMD dalam membantu masyarakat dan Kepala Desa untuk memberdayakan, menggerakkan dan merencanakan pembangunan desa. 

“Lembaga kemasyarakatan ini adalah LPMD, PKK, Karang Taruna, Posyandu, RW, dan RT. Yang mana tugasnya adalah membantu kepala desa dalam memberdayakan masyarakat dan LPMD ini tugasnya adalah membantu kepala desa dalam menggerakkan masyarakat dalam pembangunan desa,” ungkap Gema Artisti Wahyudi.

Ia menambahkan, pembangunan desa harus sesuai berdasarkan dengan kebutuhan desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tidak hanya itu, upaya mensejahterakan masyarakat desa, cara mengenali masalah yang ada di desa, merumuskan perencanaan kegiatan guna menyelesaikan masalah yang ada di desa dan pembangunan desa, juga menjadi salah satu tujuan Bimtek Ketua LPMD ini berlangsung.

“Dengan adanya Bimtek ini, LPMD menjadi paham, apa yang menjadi tugasnya. Ini yang baru kami berikan pemahaman, bagaimana caranya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bagaimana mengenali masalah yang ada di desa, dan bagaimana caranya merumuskan kegiatan yang menyelesaikan masalah yang ada di desa, tentunya dengan potensi dan sumber daya yang ada di desa,” pungkasnya. (MC.TMG/wl;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top