Iklan Layanan Masyarakat

BUMDes Bening Mangunsari Kembangkan Sepodang Rest Area

Sabtu, 10 Apr 2021 20:41:32 2118

Keterangan Gambar : BUMDes Bening Desa Mangunsari, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung kembangkan Sepodang Rest Area, Sabtu (9/4/2021).


Temanggung, Media Center - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bening di Desa Mangunsari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung mengembangkan Sepodang Rest Area di jalan raya Ngadirejo. 

Direktur BUMDes Bening, Sariyanto mengatakan Sepodang Rest Area yang menempati lahan 3.000 meter ini merupakan sebuah terobosan yang pertama di Jawa Tengah. Karena baru kali ini BUMDes mengelola rest area yang nantinya menjadi pusat kegiatan ekonomi masyarakat desa.

"Selain untuk tempat istirahat para pengedara yang melintasi, Sepodang Rest Area ini juga menjadi pusat ekonomi dari masyarakat, karena semua produk-produk UMKM di Desa Mangunsari dan Kecamatan Ngadirejo ada disini," katanya.

Bahkan untuk mendukung pengembangan pariwisata di Temanggung, Sepodang Rest Area juga menyediakan penyewaan mobil untuk transportasi ke tempat pariwisata, seperti wisata Jumprit, Wisata Agro Bejen Fruit Garden, Curuk Surodipo dan lainnya.

Sementara itu Triyono, pengelola Sepodang Rest Area menjelaskan dengan adanya rintisan rest area dengan konsep "Penggerak Ekonomi Desa" ini diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu juga menggali potensi- potensi yang ada di Desa Mangunsari dan desa sekitarnya.

Sebab pembangunan rest area, lanjut Triyono, dibuat representatif yang menunjang dan mendukung pemasaran hasil produk masyarakat daerah setempat.

"Melalui Sepodang Rest Area ini nantinya akan meningkatkan perekonomian masyarakat, karena sembilan kios yang ada akan menyajikan produk-porduk dari pelaku UMKM dari desa," imbuhnya.

Triyono menambahkan, Sepodang Rest Area juga dilengkapi beberapa fasilitas pendukung, seperti playground, paket outbond, dan paket wisata.

Isroi (46) seorang pelaku UMKM mengapresiasi keberadaan Sepodang Rest Area ini, karena keberadaaanya dapat mengangkat potensi di Desa Mangunsari, termasuk kopi, serta berbagai produk makanan dan minuman tradisonal.

"Sepodang Rest Area ini menjadi wadah bagi produk UMKM, termasuk kopi dan produk makanan tradisonal, dan kedepan juga menyambungkan desa wisata di Kecamatan Ngadirejo dan kecamatan sekitar," katanya. 

Kepala Desa Mangunsari, Dina Haryanti berharap Sepodang Rest Area ini dimanfaatkan dengan baik untuk kegiatan ekonomi guna peningkatan pendapatan masyarakat desa. Dina juga optimis pengembangan rest area yang dirintis BUMDes Bening ini bisa tumbuh menjadi mandiri dengan mengelola bisnis untuk mendatangkan keuntungan bagi masyarakat setempat.

"Saya harapkan pengelolaan dan pelayanan di rest area ini dilakukan dengan baik dan profesional, sehingga menjadi tempat yang nyaman bagi para pengendara untuk beristirahat dan juga wisatawan," pungkasnya. (MC.TMG/Firman;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top