Iklan Layanan Masyarakat

Bulan Layanan, Dinkominfo Gelar Fasilitas Internet Gratis dan Sosialisasi INCAKAP

Kamis, 17 Nov 2022 19:45:38 472

Keterangan Gambar : Dalam rangka Bulan Layanan Hari Jadi ke-188 Kabupaten Temanggung, Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung mengadakan layanan akses internet gratis melalui fasilitas Mobile Community Access Point (MCAP) di area-area publik dan sosialisasi INCAKAP (Internet Cerdas, Aktif, Kreatif dan Produktif) di empat SMP di Kabupaten Temanggung, 14-27 November 2022.


Temanggung, MediaCenter - Dalam rangka Bulan Layanan Hari Jadi ke-188 Kabupaten Temanggung, Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung mengadakan layanan akses internet gratis melalui fasilitas Mobile Community Access Point (MCAP) di area-area publik dan sosialisasi INCAKAP (Internet Cerdas, Aktif, Kreatif dan Produktif) di empat SMP di Kabupaten Temanggung, 14-27 November 2022.

Layanan akses internet gratis bertujuan untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat yang sedang mencari informasi atau materi-materi tertentu dari internet. Di sela-sela layanan, petugas juga memberikan edukasi mengenai cara browsing informasi, situs-situs rujukan yang berisi informasi bermanfaat, serta cara download atau mengambil materi dari internet.

“Sangat membantu dengan adanya layanan ini, saya dapat mencari informasi mengenai jadwal kegiatan hari jadi Temanggung untuk keperluan rencana saya berjualan,” ungkap Slamet (47), seorang pedagang mainan yang memanfaatkan fasilitas MCAP di Taman Bambu Runcing Parakan, Rabu (16/11/2022).
 
Adapun sosialisasi INCAKAP bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang tata cara berinternet sehat dan aman sesuai dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat kepada generasi milenial, khususnya para siswa-siswi SMP.

“Harapannya setelah mendapatkan materi sosialisasi, adik-adik dapat menerapkannya saat beraktifitas di dunia maya dan terhindar dari efek negatif teknologi, khususnya internet dan media sosial,” kata M. Yusuf, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik, Dinkominfo, saat membuka sosialisasi INCAKAP di SMP Negeri 1 Bulu, Kamis (17/11/2022).

Eko Kus Prasetyo, Pranata Humas Ahli Muda Dinkominfo selaku narasumber, menekankan agar berhati-hati dalam beraktifitas di media sosial, serta meningkatkan literasi digital dalam upaya menanggulangi informasi yang bersifat hoak.

“Dalam bermedia sosial, adik-adik harus hati-hati dan bijak. Posting yang penting, jangan yang penting posting. Jangan membagikan informasi yang sifatnya privasi atau rahasia. Juga sebisa mungkin gunakan media sosial untuk hal-hal yang positif. You are is what you share. Profil yang kita bangun, tergantung dengan apa yang kita bagikan di media sosial. Teliti dan analisis informasi yang kita dapat, jangan terlalu mudah percaya dengan informasi yang berseliweran, cek faktanya dan sumbernya,” jelas Eko Kus. (MC.TMG/tfa;sv;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top