Iklan Layanan Masyarakat

BP DAMP Wijakusuma Berikan Bantuan Bagi Warga Kurang Mampu

Jumat, 26 Feb 2021 18:52:23 384

Keterangan Gambar : BP DAMP memberikan bantuan dana sosial.


Temanggung, MediaCenter - Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, khususnya bagi warga  yang terdampak pandemi, Badan Pengawas Dana Amanah Pemeberdayaan Masyarakat (BP DAPM) Wijaya Kusuma Kaloran memberikan bantuan dana sosial kepada 14  warga kurang mampu  di 14 desa se-Kecamatan Kaloran.   

Pemberian dana sosial oleh BP DAPM  Wijaya Kusuma dilakukan di Pendopo Kecamatan Kaloran dengan dihadiri oleh Forkopimcam Kaloran dan Kepala Desa dari 14 desa dan penerima maanfaat.  

Menurut Ketua BP DPAM Siswanto yang ditemui disela-sela pemberian dana sosial, Kamis siang (25/2/2021) menyampaikan bahwa masing-masing penerima manfaat menerima bantuan uang sebesar 3,5 juta untuk membantu ekonomi warga, khususnya yang terdampak pandemi .

“Pembagian bansos kita berikan untuk 14 desa masing-masing desa satu penerima, kriteria pemberian untuk kawan-kawan kita yang memerlukan bantuan, khususnya yang terdampak pandemi. Untuk tahun ini total dana sosial yang kita berikan sebesar Rp 55.500.000,” terangnya  

Ditambahkannya, kegiatan ini adalah kegiatan rutin tahunan BP DAPM Wijaya Kusuma  yang  bersumber dari dana surplus kegiatan ekonomi simpan pinjam selama satu tahun .

“Ditahun 2020 kemarin kita dapat surplus sekitar 180 juta rupiah. Sesuai dengan AD/ART BP DPAM, surplus kita bagikan menjadi empat, pertama kita kembalikan ke modal sebesar 50 persen, kemudian selanjutnya 30 persennya dibagikan untuk dana sosial, 10 persen untuk peningkatan kapasitas kelompok dan 10 persennya untuk peningkatan kelembagaan,” tambahnya. 

Selain dana sosial , dalam kesempatan tersebut juga dibagikan rewards kepada 13 kelompok peminjam yang dianggap terbaik, masing masing kelompok mendapat rewards sebesar Rp 500.000.

BP DAPM Wijaya Kusuma adalah kegiatan usaha di bidang ekomoni, khususnya simpan pinjam untuk kelompok warga,    kegiatan ini adalah kelanjutan dari program PNPM. 

Sementara itu, menurut salah satu menerima dana sosial, Sarmiyadi, warga Desa Tepusen, mengaku sangat berterima kasih dengan adanya bantuan ini. Sebagian dana sosial yang diterimanya akan digunakan untuk membangun rumah dan menambah modal usaha. 

"Sangat bersyukur, bisa menerima dana sosial ini, terima kasih pada  BP DAPM   Wijaya Kusuma, rencananya akan saya gunakan untuk memperbaiki rumah dan menambah modal usaha,” katanya. (MC TMG/Dian;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top