Iklan Layanan Masyarakat

Bimtek Varietas dan Budidaya Demi Bangkitkan Komoditas Vanili

Selasa, 21 Sep 2021 18:05:43 949

Keterangan Gambar : Komisi IV DPR RI memfasilitasi Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengenalan Varietas dan Budidaya Vanili Kabupaten Temanggung di Omah Kebon Resto, Selasa (21/9/2021).


Temanggung, Media Center - Komisi IV DPR RI memfasilitasi Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengenalan Varietas dan Budidaya Vanili Kabupaten Temanggung di Omah Kebon Resto, Selasa (21/9/2021). Dalam Bimtek tersebut membahas prospek pengembangan tanaman rempah dan obat untuk peningkatan kesejahteraan petani. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Temanggung HM Al Khadziq, Panggah Susanto selaku anggota Komisi IV DPR RI, Menteri Pertanian RI yang diwakili Kepala Puslitbang Perkebunan, Kepala Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat serta pejabat terkait.

Kegiatan Bimtek difasilitasi dan merupakan gagasan dari Panggah Susanto yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian RI. Bupati berharap, dengan adanya Bimtek tersebut, para narasumber memberikan materi yang bisa diterapkan di Kabupaten Temanggung.

“Saya yakin dengan adanya Bimtek ini akan memperkaya gagasan, memperkaya semangat dari seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung dalam bertani pekarangan akan dapat tambahan-tambahan ilmu bahkan sampai ke tanaman obat, tanaman rempah dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Bupati juga berharap, hal ini akan dapat menambah penghasilan keluarga dan menambah penghasilan ekonomi masyarakat Kabupaten Temanggung. Oleh karena itu, diharapkan kepada seluruh peserta untuk mengikuti pelatihan tersebut agar dapat diterapkan di rumah masing-masing.

Bimtek yang diadakan di Omah Kebon Resto tersebut dirasa sangat penting bagi masyarakat Kabupaten Temanggung, karena sejalan dengan program unggulan Kabupaten Temanggung yang saat ini sedang mengembangkan program Tani Pekarangan. Dengan adanya Bimtek ini, tanaman obat dan tanaman rempah nantinya akan diaplikasikan dalam tanaman-tanaman Tani Pekarangan yang bisa memberikan tambahan penghasilan untuk masyarakat.

“Kegiatan hari ini sangat sinkron, sangat segaris dan sangat sebangun dengan yang sedang kita laksanakan di Kabupaten Temanggung”, imbuhnya.

Panggah Susanto mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya Bimtek ini, karena kegiatan tersebut merupakan salah satu aspirasinya yang bekerjasama dengan Kementerian Pertanian RI, khususnya Badan Penelitian dan Pembangunan (Balitbang) serta Pemerintah Kabupaten Temanggung.

Bimtek yang bertemakan tanaman obat dan rempah, dipilih khusus yang berpotensi di Temanggung, yaitu salah satunya tanaman vanili. Harapannya bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat disamping juga tanaman-tanaman yang mempunyai nilai tambah lainnya, seperti kopi Temanggung yang sudah dikenal dunia.

“Dan itu sepertinya akan kita kembangkan secara serius untuk mengembalikan kejayaan Kabupaten Temanggung sebagai penghasil vanili pada masa lalu,” pungkasnya. (MC TMG/cah;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top