Iklan Layanan Masyarakat

Bimtek Penyusunan Masterplan, Menuju Temanggung Smart City

Senin, 30 Agu 2021 15:44:27 778

Keterangan Gambar : Pemkab Temanggung bekerjasama dengan Kemkominfo menggelar Bimtek Penyusunan Masterplan Kota Cerdas “Smart City” bertempat di Gedung Graha Bhumi Phala Sekretariat Daerah Kabupaten Temanggung (30/8/2021).


Temanggung, MediaCenter – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Masterplan Kota Cerdas “Smart City” bertempat di Gedung Graha Bhumi Phala Sekretariat Daerah Kabupaten Temanggung, dan diikuti oleh peserta lain secara daring, Senin (30/8/2021).

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Bappeda Masrik Amin Zuhdi,  Kepala Dinkominfo Samsul Hadi, Kepala BKPSDM Umi Lestari, Asisten I Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Temanggung Gotri Wijianto W, Ketua Paguyuban Camat, Paguyuban Kepala Desa, perwakilan akademisi serta Kepala OPD terkait untuk mendapatkan Bimbingan Teknis dengan narasumber dari Kemkominfo.

Berdasarkan assesment yang telah dilakukan beberapa waktu yang lalu, Kabupaten Temanggung menjadi salah satu daerah yang masuk dalam program gerakan menuju smart city pada kawasan strategis pariwisata nasional. 

Pada sambutannya, Kepala Bappeda Kabupaten Temanggung mengatakan, untuk menjadikan sebuah kota cerdas harus dilakukan beberapa kriteria smart  yang mencakup smart goverment, smart branding, smart economy, smart mobility, smart society, smart environment dan smart live.

“Tujuan dari smart city adalah kota yang dapat mengelola sumber daya secara efektif dan efisien untuk menyelesaikan masalah atau tantangan kota dengan inovasi yang solutif secara terintegrasi dan berkelanjutan dengan penyediaan infrastuktur pelayanan dan meningkatkan kualitas hidup warganya, sehingga tujuan akhir dari smart city adalah pada kesejahteraan masyarakat, utamanya di Kabupaten Temanggung,” jelasnya.

Lebih lanjut ia berharap, melalui Bimtek tersebut dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan pada peserta dalam rangka menyusun masterplan rencana kota cerdas tersebut yang akan menjadi unggulan dari Kabupaten Temanggung. 

“Juga untuk meningkatkan pemahaman terhadap permasalahan yang ada di Kabupaten Temanggung serta relevansi dalam rangka penyelesaian konsep kota cerdas tersebut,” imbuhnya.

Bupati Temanggung HM Al Khadziq melalui sambutan yang dibacakan oleh Joko Prasetyono, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Lingkungan Hidup memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah pusat melalui Kemkominfo yang telah memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Temanggung yang terpilih dalam program gerakan menuju smart city pada kawasan strategis pariwisata nasional.

“Saya sangat menyambut baik kegiatan ini yang merupakan wadah dalam mengintegrasikan program-program pemerintah melalui gerakan smart city pada kawasan pariwisata prioritas nasional Borobudur, sehingga seluruh pemangku kepentingan dapat bersinergi menuju Temanggung Smart City,” ungkapnya. (MC TMG/Sv;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top