MediaCenter

Bahas Penanganan Permasalahan Sosial, IPSM dan Dinsos Adakan Rakord

Kamis, 23 Mei 2024 22:05:28 246

Keterangan Gambar : Bahas Penanganan Permasalahan Sosial, IPSM dan Dinsos Adakan Rakord


Temanggung, MediaCenter - Kepala Dinas Sosial diwakili Fungsional Pekerja Sosial Atik Nurhidayati hadir dan membuka Rapat Koordinasi Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kabupaten Temanggung, bertempat di Aula Dinsos, Rabu (22/5/2024).

Hadir dalam kegiatan, Ketua IPSM Jawa Tengah Bambang Edi Wahono beserta jajaran pengurus, Ketua IPSM Kabupaten Temanggung Setyo Sumaryanto, pengurus dan anggota, serta jajaran bidang Dayasos.

Dalam sambutannya, mewakili Kepala Dinsos, Atik Nurhidayati menyampaikan IPSM Kabupaten Temanggung ini rutin melakukan pertemuan rapat koordinasi dan melakukan perekrutan PSM.

"Awal kita merekrut 25 anggota PSM, terdiri dari orang-orang yang sudah aktif di kegiatan-kegiatan sosial. Kami memfasilitasi untuk kegiatan IPSM Kabupaten Temanggung tersebut, namun setelah pandemi berkurang, karena kebijakan penyesuaian anggaran," tuturnya.

Ditambahkannya, bahwa di Kabupaten Temanggung baru membuat rintisan Puskesos di masing-masing desa, Puskesos sebagai pusat data informasi layanan dasar dan perlindungan sosial di bawah kewenangan Pemerintah Desa atau Kelurahan.

"Harapan kami, di tahun 2025 sudah ada Puskesos di masing-masing desa/kelurahan. Kami juga baru melakukan koordinasi dan komunikasi kepada dinas terkait, terutama pemerintah desa untuk bisa mengalokasikan anggarannya untuk Puskesos ini," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Bambang Edy Wahono mengutarakan, bahwa antara pilar-pilar sosial harus saling bersinergi dan saling menguatkan, tantangan ke depan peran PSM harus semakin aktif membantu dalam penanganan permasalahan sosial di masyarakat.

"Yang jelas, PSM itu membantu tugas pemerintah, maka diperlukan kepekaan dan kepedulian personel anggota pekerja sosial masyarakat, manakala di lingkungannya ada individu-individu yang kurang beruntung. Dengan keterpanggilan hati nurani seorang PSM untuk membantu masalah kesejahteraan sosial ini, besar harapan bertahap ada kepedulian juga dari pemerintah, khususnya kepada para anggota PSM ini," pungkasnya. (Sty;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top