Iklan Layanan Masyarakat

Atasi dan Tangani AIDS, Pemkab Temanggung Gandeng Komunitas

Kamis, 07 Des 2023 12:38:12 330

Keterangan Gambar : Atasi dan Tangani AIDS, Pemkab Temanggung Gandeng Komunitas


Temanggung, MediaCenter - Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Dinas Kesehatan memperingati Hari AIDS Sedunia Tahun 2023, Rabu (6/12/2023) di Graha Bhumi Phala, Komplek Kantor Bupati Temanggung. Hadir dalam kegiatan tersebut, Forkopimda, Pj. Ketua TP PKK, Pj. Ketua Dharma Wanita, Kepala Perangkat Daerah, Direktur Rumah Sakit, Kepala Puskesmas, akademisi, guru, tokoh agama, Ormas, komunitas, kader kesehatan dan undangan lainnya.

Hari AIDS Sedunia merupakan momentum bagi semua pihak untuk mensukseskan penanggulangan HIV/AIDS menuju ending AIDS 2030, yang telah menjadi komitmen bersama negara-negara di seluruh dunia. Tema global yang diangkat dalam peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2023 adalah "Let Communities Lead", sedangkan tema nasional adalah "Bergerak Bersama Komunitas Akhir AIDS 2030".

Dalam sambutannya, Pj. Bupati yang diwakili Pj. Sekda Temanggung, Agus Sujarwo menyampaikan terima kasih kepada hadirin, serta semua pihak yang ikut mensukseskan peringatan Hari AIDS Tahun 2023 dan dalam penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten Temanggung. 

Bahwa hingga saat ini, masalah AIDS masih menjadi masalah kesehatan global dan kesehatan nasional.
Kesuksesan dalam penanggulangan HIV/AIDS tidak mungkin dicapai, jika tidak didukung oleh seluruh stakeholder dan pemerintah dari tingkat paling atas sampai tingkat desa dan seluruh lapisan masyarakat.

“Selanjutnya saya mengingatkan kepada semua stakeholder termasuk seluruh komunitas yang ada untuk memperkuat perannya,” katanya.

“Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung melalui peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2023 ini. Mari kita terus meningkatkan penguatan komitmen, perluasan akses layanan, penguatan kemitraan, dan inovasi program dalam penanggulangan dan penanganan HIV/AIDS di Kabupaten Temanggung, agar kata-kata akhiri AIDS 2023 tidak hanya menjadi slogan, tetapi bisa kita buktikan,” harapnya.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Intan Pandanwangi melaporkan, bahwa Peringatan Hari AIDS Sedunia juga dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemandirian dalam pencegahan, penanggulangan, dan pengendalian penyebaran HIV/AIDS, serta meniadakan diskriminasi terhadap para ODHA di lingkungan sekitar.

Untuk itu, dalam Peringatan HAS 2023 Kabupaten Temanggung mengadakan Talkshow Kesehatan HIV/AIDS dengan tema Bergerak Bersama Komunitas, Akhiri AIDS 2030.

“Dalam rangkaian pelaksanaan HAS Tahun 2023 ini juga untuk meningkatkan peran aktif komunitas dalam melakukan perubahan, berkontribusi dalam mencegah penularan virus HIV ke orang lain, terutama pasangan, memanfaatkan teknologi dalam menyebarkan informasi HIV AIDS, serta menciptakan generasi bebas stigma,” tambahnya.

Penguatan koordinasi dan kerjasama dengan komunitas dilakukan dengan kegiatan penjangkauan populasi kunci untuk melakukan test HIV, pencegahan penularan infeksi HIV, penelusuran ODHA dalam mendapatkan pengobatan, inisiasi ODHA baru On ARV, pemantauan kepatuhan ODHA dalam minum ARV, penelusuran pada pasien hilang (lost to follow up), serta pemeriksaan Viral Load ODHA. (MC.TMG/Ti;Fa;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top