Iklan Layanan Masyarakat

Antisipasi Terjadinya Banjir dan Munculnya Wabah Penyakit, Kodim Temanggung Gelar Karya Bakti

Minggu, 10 Des 2023 09:27:29 250

Keterangan Gambar : Antisipasi Terjadinya Banjir dan Munculnya Wabah Penyakit, Kodim Temanggung Gelar Karya Bakti


Temanggung, MediaCenter - Komandan Kodim 0706/Temanggung Letkol Inf Sriyono memimpin langsung kegiatan Karya Bakti Pembersihan sampah Lingkungan Pasar legi Parakan, Temanggung, Jumat (8/12/2023).

Selain pembersihan sampah di Pasar Legi Parakan juga dilakukan pembersihan sampah Sungai Brangkongan, Desa Dangkel, serta dilakukan penghijauan penanaman pohon untuk mencegah tanah longsor.

Kegiatan yang dilaksanakan kali ini melibatkan TNI, Polri, Pemerintah Daerah, BPBD, Dinperindag, serta komunitas pedagang dan UMKM.

Dandim 0706/Temanggung Letkol Inf Sriyono mengatakan kegiatan dalam rangka serbuan bersih pasar, yang dulu Jumat bersih, kali ini bertujuan untuk mencegah adanya wabah penyakit yang ditimbulkan dari sampah dan ada juga pembersihan sungai, karena disinyalir masih banyak kejadian meluapnya air sungai ke area pasar. 

"Giat selanjutnya nanti penghijauan, yaitu  penanaman pohon di bibir sungai, untuk mencegah abrasi dan mencegah tanah longsor. Ini merupakan bentuk kepedulian kita pada lingkungan, serta menjaga ekosistem alam," katanya.

Sementata itu, Asisten III Setda Bidang Administrasi Eko Suprapto mengapresiasi dan menghargai upaya Dandim Temanggung dan anggota untuk menciptakan budaya bersih di lingkunan pasar.

"Termasuk di dalamnya selokan dengan upaya menghindari penyakit akibat timbunan sampah seperti jentik-jentik nyamuk,” katanya.

Pihaknya juga akan terus menggalakkan kebersihan melalui bagian kebersihan Pasar Legi Parakan. Dengan harapan, kedepan budaya bersih di lingkungan pasar akan dapat tercapai.

Selain mendukung pembersihan lingkungan pasar, Kepala Desa Dangkel Lestari juga mendukung penuh penghijauan tepi Sungai Brangkongan Desa Dangkel.

"Terimakasih telah memperhatikan Desa Dangkel termasuk rawan banjir, untuk mempertahankan sudah diberi pohon penanggulangan tanah longsor sekitar warga Sungai Brangkongan," ungkapnya. 

"Dengan harapan masyarakat warga Dangkel bisa merawat supaya pohon bisa bermanfaat," pungkasnya. (MC.TMG/kodim;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top