Iklan Layanan Masyarakat

11.236 Siswa Jadi Sasaran Imunisasi Campak dan Rubela

Senin, 21 Agu 2023 20:20:11 1107

Keterangan Gambar : 11.236 Siswa Jadi Sasaran Imunisasi Campak dan Rubela


Temanggung, Media Center - Pada Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah memberikan imunisasi MR (Measles and Rubella vaccine), Senin (21/8/2023).

"Untuk kegiatan hari ini adalah vaksinasi MR yang kita berikan untuk anak kelas satu, baik laki-laki, maupun perempuan," kata Tim Vaksinator dari Puskesmas Kecamatan Temanggung, Sumaryati.

Ia mengatakan, selain imunisasi MR, pihaknya juga melakukan imunisasi Human Papilloma Virus (HPV) pada anak kelas 5 dan 6.

"Kemudian untuk kelas 5 dan 6 kita berikan vaksin HPV yang digunakan untuk mencegah terjadinya kanker serfik pada wanita, jadi untuk kelas 5 dan 6 ini kita berikan khusus untuk wanita saja," imbuhnya.

Kepala Bidang P2P, Dinkes Temanggung, Dokter Sarjana mengatakan pada kegiatan ini target pemberian imunisasi campak dan rubela di Temanggung sebanyak 11.236 siswa. Pelaksanaan imunisasi dilakukan dengan mendatangi sekolah-sekolah.

"Imunisasi MR diberikan khusus untuk anak kelas satu guna mencegah penyakit tetanus, difteri, campak, rubela. Sementara, imunisasi HPV diberikan pada anak kelas 5 dan 6 untuk mencegah kanker leher rahim yang dapat menyebabkan disabilitas dan kematian," katanya.

Dinkes Temanggung mengimbau kepada para orang tua turut aktif untuk memastikan anaknya mendapat vaksinasi lengkap.

"Dengan vaksinasi lengkap ini untuk mendukung tumbuh kembang yang sehat dan kuat pada anak," imbuhnya.

Kepala SDN 2 Jampiroso, Kusnadi menyambut baik program pemberian imunisasi MR dan HPV ini. Dengan demikian, anak didiknya mendapat kekebalan tubuh guna mendukung proses belajar mengajar selama bersekolah.

"Jadi ini untuk mendukung kegiatan proses belajar mengajar. Kami dari pihak sekolah juga bekerjasama dengan orang tua untuk sedini mungkin, bahwa kesehatan itu terdeteksi dari awal tahun ajaran, supaya nantinya memperlancar pembelajaran," katanya. (MC.TMG/fir;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top