Iklan Layanan Masyarakat

1114 Petani dan Pedagang Tembakau Sudah Divaksin Covid-19

Kamis, 29 Jul 2021 15:08:24 177

Keterangan Gambar : Sebanyak 1114 orang petani dan pedagang tembakau di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah sudah menerima vaksinasi Covid-19.


Temanggung, MediaCenter - Sebanyak 1114 orang petani dan pedagang tembakau di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah sudah menerima vaksinasi Covid-19. Dengan demikian, para pelaku pertembakauan ini dianggap sudah siap menghadapi perdagangan tembakau pada saat memasuki musim panen sekitar Bulan Agustus mendatang.

Harnani Imtikhandari dari Divisi Komunikasi Gugus Pertembakauan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung menyebutkan, target vaksinasi Covid-19 untuk pelaku pertembakauan di daerahnya pada kisaran 1500 orang. Hingga saat ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung sudah melaksanakan vaksinasi kepada 1114 orang dengan mekanisme dilakukan di Puskesmas terdekat.

"Kebetulan pelaku pertembakauan sudah mendapatkan vaksin dari Pemkab Temanggung. Harapannya mereka sudah siap menghadapi situasi niaga tembakau ditengah pandemi ini, karena sudah divaksin," ujar Harnani, Kamis (29/7/2021) di Temanggung. 

Menurut Harnani, panen tembakau tahun ini di Temanggung cukup bagus, dengan potensi panen mencapai 17 ribu hektare. Serta perkiraan produksi mencapai 14 ribu ton. Rencananya pembukaan perdagangan tembakau akan dimulai pekan pertama Agustus mendatang. Selanjutnya Pemkab Temanggung akan terus melakukan pemantauan.

"Insya Allah minggu pertama Agustus gudang akan slametan buka gudang," ujarnya.

Perniagaan tembakau tahun ini akan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Informasi yang diterima Harnani, pihak perwakilan pabrik rokok akan menerapkan aturan bagi yang masuk perwakilan pabrik rokok harus membawa bukti telah divaksin dan harus melakukam rapid tes. Hal itu guna mencegah penularan Covid-19.

"Karena kabarnya Gudang Garam akan menerapkan aturan yang masuk harus bawa bukti vaksin dan rapid tes," katanya. 

Ia menambahkan, rapid tes bisa dilakukan di pusat kesehatan terdekat atau di lokasi perwakilan pabrikan. Pemkab Temanggung terus membuka diri untuk melakukan suport guna memastikan usaha sehat dengan vaksin untuk yang belum tersasar sampai Bulan Agustus mendatang. (MC.TMG/ts;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top