Ket [Foto]: KPP Pratama Temanggung Tingkatkan Layanan dengan Aksaraku 533
KPP Pratama Temanggung Tingkatkan Layanan dengan Aksaraku 533
Temanggung, MediaCenter - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Temanggung melakukan inovasi percepatan layanan permohonan pemindahbukuan dengan menghadirkan Aksaraku 533.
Akselerasi Layanan Pemindahbukuan 533 (Aksaraku 533) memberikan layanan permohonan pemindahbukuan lebih cepat dari standar yang berlaku, yaitu 14 (empat belas) hari kalender.
“Aksaraku 533 ini sejalan dengan moto pelayanan KPP Pratama Temanggung, “Kepuasan Anda Tujuan Kami," ungkap Rina Setyawati Lestari, Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Temanggung, saat ditemui, Jumat (6/9/2024).
Pemindahbukuan merupakan suatu proses memindahkan penerimaan pajak untuk dibukukan pada penerimaan pajak yang sesuai. Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 601/KM.1/2020 tentang Standar Operasional Prosedur Layanan Unggulan Kementerian Keuangan, jangka waktu penyelesaian permohonan Pemindahbukuan (Pbk) adalah 21 (dua puluh satu) kalender.
Rina menjelaskan, Wajib Pajak kini tidak perlu menunggu sampai 21 hari lagi, permohonan Pemindahbukuan dapat diterima hasilnya lebih cepat dari SOP yang berlaku, yaitu dalam jangka waktu 14 hari kalender sejak dokumen permohonan diterima secara lengkap.
Permohonan pemindahbukuan dapat diajukan secara langsung ke loket Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) KPP Pratama Temanggung atau dikirimkan ke KPP Pratama Temanggung melalui jasa ekspedisi dengan resi yang tercatat.
Direktorat Jenderal Pajak (DJP) juga telah memberikan kemudahan pengajuan permohonan Pemindahbukuan secara daring melalu e-Pbk.
“Wajib Pajak yang sudah mempunyai akun djponline di https://djponline.pajak.go.id/ dapat mengajukan Pbk secara online dengan e-Pbk tanpa perlu ke kantor, hasil pemindahbukuannya juga tinggal diunduh di akun tersebut,’’ tambah Rina.
Yeni Anisa (26), salah satu pengguna layanan Pemindahbukuan mengaku puas dan menilai pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan SOP.
“Saya sering menggunakan layanan tersebut, untuk layanannya, saya sangat puas, sebab tidak memakan waktu yang lama, untuk pelayanan Pbk gratis tidak dipungut biaya atau kata lain anti pungli, serta dalam pengecekan untuk pemberkasan Pbk pelayanan cukup cermat, cekatan, serta jikalau pemohon ada yang kurang jelas selalu dijelaskan dengan baik, ramah, sopan,’’ ungkap Yeni.
KPP Pratama Temanggung senantiasa mengutamakan kenyamanan dan kepuasan para Wajib Pajak dan pengguna layanan dengan memberikan pelayanan yang prima. Segala bentuk layanan perpajakan yang diberikan oleh KPP Pratama Temanggung tidak dipungut biaya atau gratis.
Info lebih lanjut, dapat diakses pada kanal-kanal konsultasi pada instagram: @pajaktemanggung, Facebook: KPP Pratama Temanggung, Twitter: @pajaktemanggung dan linktr.ee/PajakTemanggung. (KPP;Ekp)
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook