Iklan Layanan Masyarakat

Bentuk Karakter Siswa Melalui Kegiatan Kurban

Minggu, 10 Jul 2022 17:34:34 515

Keterangan Gambar : Bentuk Karakter Siswa Melalui Kegiatan Kurban


Temanggung, Media Center - SMK Bhumi Phala (MIPHA) Parakan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menggelar pemotongan hewan kurban di Dusun Talun, Desa Pagersari, Kecamatan Tlogomulyo, Minggu (10/7/2022). 

Kegiatan tersebut sebagai upaya menumbuh kembangkan penguatan pendidikan karakter dan solidaritas terhadap siswa.

Bendahara Yayasan MIPHA, Air Titik Wardani mengatakan, pada kegiatan kurban ini setiap siswa dilibatkan langsung dalam proses pemotongan hewan, hingga pendistribusian daging kurban kepada masyarakat desa.

"Kegiatan yang digelar SMK MIPHA Parakan ini untuk pembelajaran anak-anak bagaimana menangani hewan kurban, mulai dari tata cara pemotongan, mengelola daging dan membagikan ke warga," katanya.

Ia menambahkan, kegiatan dengan menyembelih satu ekor sapi ini tujuannya agar siswa dapat mempratekkan teori yang didapat di sekolah, serta juga merasakan hikmah dari kegiatan berkurban tersebut.

"Supaya anak-anak ikut merasakan bagaimana bersosial dengan warga, karena pendidikan karakter dan solidaritas ini memang diperlukan, tidak dibentuk secara instan, tetapi harus melalui proses, ini salah satunya melalui kegiatan berkurban," tegasnya. 

Dwi Wahyuni, salah satu siswa mengatakan, sebelum praktek mereka menerima materi tentang penyembelihan hewan kurban, seperti pengecekkan hewan yang layak dan memenuhi syarat ajaran agama, cara menjatuhkan hewan tanpa menyakitinya, cara menyembelih, cara menguliti, hingga membagikan hewan kurban.

"Sangat senang mengikuti kegiatan ini, karena melalui kegiatan ini saya dan teman-teman dapat belajar banyak hal, mulai dari tata cara  penyembelihan hewan kurban dan membagikan kepada masyarakat, dan yang penting sesuai syariat Islam," katanya.

Kepala Dusun Talun, Sugati mengapresiasi upaya dari SMK MIPHA Parakan ini, karena selain mengetahui tata cara pemotongan hewan kurban, para siswa juga dapat bersosialisasi dengan masyarakat.

"Siswa-siswa itu bisa bersosialisasi dengan masyarakat, dan mengenal masyarakat, kegiatan di masyarakat itu seperti apa, dan itu sangat bemanfaat sekali bagi siswa-siswa," katanya.

Pihak sekolah juga mendorong para siswa untuk berkurban, caranya dengan menabung untuk kemudian membeli hewan kurban. (MC.TMG/fr;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top