Iklan Layanan Masyarakat

Dinkes Ingatkan Orang Tua Rajin Timbang Balita ke Posyandu

Jumat, 24 Feb 2023 12:50:38 454

Keterangan Gambar : Dinkes Ingatkan Orang Tua Rajin Timbang Balita ke Posyandu


Temanggung, Media Center - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Temanggung mengingatkan pada orang tua yang mempunyai anak balita untuk rutin menimbangkan anaknya. Penimbangan balita ini untuk mendeteksi adanya balita mengalami kekerdilan, maupun gizi buruk.

Kepala Dinkes Kabupaten Temanggung, dr Intan Pandanwangi mengatakan, bulan Februari 2023 telah ditetapkan sebagai bulan timbang balita guna mendeteksi adanya balita yang mengalami kekerdilan, maupun menderita gizi buruk.

"Kami berharap para orang tua yang memiliki anak balita datang ke Posyandu untuk melakukan penimbangan berat badan," kata dr Intan Pandanwangi, Jumat (24/2/2023) di Temanggung.

Ia mengatakan, penimbangan balita sebagai upaya Pemkab Temanggung dalam mengatasi masalah tumbuh kembang anak balita seperti stunting. Sejak awal bulan telah banyak orang tua yang menimbangkan anak balitanya di Posyandu terdekat. Penimbangan dan pengukuran bayi dan balita, yakni berupa pengukuran berat dan tinggi badan sangat penting.

Dari langkah itu, bisa diketahui kondisi fisik bayi dan balita apakah tergolong mengalami stunting atau tidak. Bagi anak yang mengalami stunting dapat segera mendapat penanganan dari Dinkes, sehingga bisa lekas diatasi.

“Bayi dan balita yang terdeteksi stunting atau mengalami kekerdilan untuk mendapatkan intervensi, sehingga bisa lekas terentaskan," kata dr Intan.

Ia berharap, kegiatan bulan timbang, maka secara data jumlah kekerdilan yang ada di setiap wilayah bisa diketahui secara baik angka penurunan kekerdilan setelah pengukuran dan penimbangan.

Pemkab Temanggung sudah melakukan intervensi cukup banyak yakni melalui Pemberian Makanan Tambahan (PMT) lewat Dinkes, maupun instansi terkait. Makanan tambahan ini seperti biskuit dan susu atau makanan bayi, agar terjadi penurunan stunting.  

Dikatakan, pemerintah menargetkan pada 2023 kasus kekerdilan bisa menurun angka stunting di Indonesia berada di angka 24,4 %. Instruksi dari Presiden Joko Widodo di tahun 2024 target angka stunting minimal harus sudah di angka 14%.

Di Kabupaten Temanggung angka stunting pada angka 20,25%, sehingga perlu usaha maksimal untuk mencapai target 14% di tahun 2024. Pemkab sudah menyisir faktor dasar penyebab stunting dan langkah untuk mengatasinya. Sedang pada penimbangan balita itu akan mendapatkan imunisasi dan vitamin A. (MC.TMG/Aiz;Ekp;Ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top