Iklan Layanan Masyarakat

Cegas PTM, Pedagang Pasar Kliwon Cek Kesehatan

Senin, 20 Feb 2023 20:53:19 324

Keterangan Gambar : Cegas PTM, Pedagang Pasar Kliwon Cek Kesehatan


Temanggung, Media Center - Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama Puskesmas Temanggung melaksanakan program cek kesehatan gratis bagi pedagang dan pengunjung Pasar Kliwon Temanggung, Senin (20/2/2023).

Masyarakat di pasar cukup antusias mengikuti cek kesehatan gratis ini, khususnya para lansia. Mereka melakukan cek kesehatan yang meliputi tekanan darah, berat dan tinggi badan, indeks masa tumbuh, lemak tubuh bodifa dan lainnya.

Tim Kerja Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinkes Temanggung, Titik Yuliati mengatakan pelaksanaan program cek kesehatan gratis di pasar tradisional ini untuk pertama kalinya.

"Karena di pasar itu banyak aktifitas fisik. Sehingga, para pedagang maupun pengunjung pasar kurang memperhatikan kesehatan tubuhnya," katanya.

Cek kesehatan ini juga untuk mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM). Karena sekarang banyak orang meninggal justru karena faktor gaya hidup. Salah satunya, orang sekarang banyak yang mengkonsumsi makanan cepat saji, bumbu-bumbu serba instan, dan lainnya. Hal tersebut bisa menjadi pemicu munculnya penyakit tidak menular.

"Penyakit tidak menular itu seperti hipertensi, gula darah, paru-paru, kanker, dan lainnya," imbuhnya.

Menurutnya, dalam pengecekan ini, yang paling banyak ditemukan adalah kegemukan, darah tinggi, hipertensi. Sebab, faktor usia, dimana pasar lebih banyak orang tua. Sekarang banyak makanan enak, sehingga orang-orang seringkali tidak kontrol dalam mengkonsumsi. 

Ia menyarankan, baiknya masyarakat melakukan cek kesehatan setiap enam bulan sekali. 

"Cek gula darah, kolesterol, testing trigeleserit, sehingga dapat diketahui pedagang pasar lebih banyak yang lemak tubuhnya tinggi atau tidak, sebab hal tersebut untuk mendeteksi peluang beresiko terkena PTM atau tidak," tegasnya.

Pengecekan kesehatan gratis bagi pedagang dan pengunjung pasar ini akan rutin dilakukan setiap bulan. (MC.TMG/fr;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top