Iklan Layanan Masyarakat

Jelang IMLEK, Klenteng Kong Ling Bio Temanggung Berbenah
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL hoax terkini


admin 30 Jan 2019 84
Blog single photo

Temanggung, Media CenterSelasa (29/1). Warga keturunan Tionghoa melakukan pembersihan Rupang atau patung dewa dan mendekorasi ruangan Klenteng Kong Ling Bio di Temanggung dengan aneka hiasan untuk menyambut tahun baru Imlek.

Menurut keprcayaan mulai tanggal 28 Januari 2019 atau seminggu sebelum Imlek saatnya untuk bersih bersih dilakukan setelah sembahyang saat dewa naik.

Lidia Samsetia Graha selaku sekretaris mengungkapkan rangkaian menyambut Imlek dimulai dari semalam yaitu sembahyang bersama untuk mengantar dewa dapur naik, untuk hari ini bersih bersih.

Sedangkan untuk petugas bersih-bersih dilakukan oleh petugas yang terutama bagi locu (yang melayani para dewa) dalam setahun ini disarankan dan diharuskan vegetarian selama tiga hari sebelum acara bersih bersih tempat sembahyang.

Sedangkan untuk malam Imlek tanggal 4 Januari kita menyalakan lilin untuk permohonan keluarga ataupun permohonan pribadi, sedangkan sembahyang besar kepada Tuhan Yang Maha Esa dilaksanakan satu minggu setelah Imlek yaitu tanggal 12 Januari 2019” ungkapnya.

Untuk abu hio diayak untuk memisahkan abu halus dan kasar bekas hio, untuk yang kasar dilarung disungai sedangkan yang halus masuk tempat hio lagi.

Ditambahkan oleh Lidia “Untuk beberapa tahun terakhir ini di Klenteng Kong Ling Bio ini, mengadakan acara po un (memperbaiki nasib) untuk shio atau umur yang kurang serasi di tahun ini, kita mohonkan supaya memperkecil segala kemungkinan buruk dan hal-hal buruk, akan dilakukan tanggal 8 Januari, malam sampai pagi” pungkasnya.

Harapan untuk Imlek tahun ini memberikan yang terbaik buat warga Temanggung,umat dan Indonesia menjadi lebih baik.

 

(MC TMG / Penulis ; coeplistyo / Foto : Coeplistyo / Editor :Ekape)

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top