Iklan Layanan Masyarakat

Warga Dusun Kalipan Sulap Lingkungan Jadi Indah dan Rapi

Rabu, 10 Agu 2022 17:40:13 132

Keterangan Gambar : Warga Dusun Kalipan Sulap Lingkungan Kumuh Jadi Indah dan Rapi


Temanggung, MediaCenter - Suasana lingkungan yang indah, rapi dan asri dengan rumah yang dihias dengan berbagai lukisan bisa ditemui saat memasuki lingkungan di RT 5 RW 6, Dusun Kalipan, Desa Gondang Wayang, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung.

Widodo A, pelopor penggerak peduli lingkungan di wilayah setempat mengatakan, ia berinisiatif untuk merubah menjadi kampung tempat tinggalnya menjadi indah, rapi dan asri dengan mengajak warga untuk mengecat rumah masing-masing dengan berbagai motif dan menghiasi setiap sudut lingkungan dengan membuat taman-taman kecil.

“Mereka ternyata suka melukis, menggambar, sehingga kami ajari bersama-sama untuk melukis dan masyarakat tertarik, sehingga tiap rumah ingin dihias, dirapikan dan didekorasi bersama-sama. Tidak hanya untuk lomba, tetapi masyarakat sadar untuk merubah paradigma atau pola hidup keseharian,” ungkap Widodo, Rabu (10/8/2022).

Tema yang diambil setiap untuk rumahpun berbeda-beda, Widodo membantu untuk membuatkan sketsa dan warga mengecat dengan warna pilihannya sendiri, dan memilih jenis tanaman sendiri. Masyarakat sekitarpun sangat antusias siang malam untuk mendekorasi lingkungannya.

Meski demikian, ada beberapa masyarakat yang belum sadar untuk merubah ke pola hidup bersih, untuk itu ia bersama warga lain dengan sabar mengajak bersama untuk saling membantu satu sama lain.

Ia berharap, kegiatan semacam itu bisa meluas, terutama ke lingkup desa, sehingga bisa terwujud desa yang lestari, indah dan nyaman.

“Dimulai dari diri kita sendiri, rumah kita, sehingga menjadi pola hidup bersih, sehat dan menyenangkan,” pungkasnya. (MC TMG/Sv;Ekp:Ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top