Iklan Layanan Masyarakat

Wabup Temanggung Ajak Pers Jadi Kontrol Sosial

Kamis, 25 Feb 2021 14:18:55 1171

Keterangan Gambar : Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo memberikan sambutan dalam acara pelantikan pengurus PWI Kab Temanggung periode 2021-2024 di aula progo Bappeda Temanggung, Rabu (24/02)


Temanggung, MediaCenter - Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo, menghadiri pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Temanggung periode 2021-2024 dan Orientasi Wartawan di Aula Progo Bappeda Kabupaten Temanggung, Rabu (24/2/2021).

Dalam sambutannya, Wabup mengatakan pengukuhan pengurus baru PWI Temanggung ini menjadi momentum menguatkan pers sebagai kontrol sosial untuk kebijakan pemerintah. Pers juga diharapkan bisa bersinergi dengan pemerintah daerah tanpa mengintervensi kerja pers.

"Kami harapkan pers juga dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung dalam mewujudkan Temanggung yang Tentrem, Marem dan Gandem," ungkap Wabup.

Wabup menambahkan pers juga harus membantu memulihkan ekonomi ditengah pandemi Covid-19, yakni melalui informasi yang edukatif untuk kemajuan bangsa dan negara, khususnya bagi masyarakat di Kabupaten Temanggung.

"Hal ini juga sejalan dengan tema Hari Pers Nasional tahun ini, bangkit dari pandemi, pers sebagai akselerator perubahan dan pemulihan ekonomi," ujarnya.

Kedepan pers yang bertugas di Kabupaten Temanggung diharapkan dapat membantu program-program pemerintah, terutama dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 melalui pemberitaannya. Warga perlu diingatkan pentingnya protokol kesehatan, meski program vaksinasi tengah gencar diterapkan.

"Pers harus selalu menyampaikan informasi yang objektif, membangun dan mengedukasi masyarakat," imbuhnya.

Dengan peranannya, pers bisa menjadi mitra pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Apalagi, pers diera reformasi menjadi salah satu pilar demokrasi setelah eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Karena itu, pers sangat penting dalam kehidupan berdemokrasi saat. Tidak hanya dalam pendidikan, hiburan, dan media informasi, pers juga harus menjalankan fungsi kontrol sosial pada pemerintah.

"Kami harapkan pers dapat menciptakan kualitas demokrasi yang lebih baik dan terus memperhatikan prinsip etika jurnalistik. Kami juga berharap pers dapat menjadi penyambung informasi yang baik kepada masyarakat," pungkasnya. (MC TMG/Firman;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top